Sukses

Manga 20th Century Boys Diganjar Eisner Awards

20th Century Boys, manga yang terbit sudah sejak lama baru saja memenangkan Eisner Award di Amerika Serikat. Kategori apa yang diraihnya?

Manga berjudul 20th Century Boys yang terbit sudah sejak lama, baru saja memenangkan Eisner Award dalam kategori Best U.S. Edition of International Material - Asia. Penghargaan tersebut disematkan pada event Comic-Con International akhir pekan kemarin, seperti diwartakan Anime News Network (20 Juli 2013).

Bagi Urasawa Naoki, ini merupakan karya keduanya yang memenangkan penghargaan dan sukses menaklukkan Barbara karya Ozamu Tezuka, NonNonBa karya Shigeru Mizuki, Thermae Romae karya Mari Yamazaki dan lain sebagainya.

Selain itu, 20th Century Boys juga dinominasikan dalam kategori Best Continuing Series, namun kalah oleh Daredevil ciptaan Mark Waid dan rekan-rekannya.

Judul manga lain yang meraih nominasi di penghargaan asal Amerika Serikat ini antara lain The Monkey King volume 2 karangan Katsuya Terada yang diterbitkan oleh Black Horse. Namun manga tersebut kalah oleh Blacksad yang diciptakan oleh Juanjo Guarnido.

20th Century Boys pertama kali terbit pada 1999 lampau dan berakhir hingga 2006 silam sebanyak 22 volume. Seri lanjutannya dibuat ke dalam judul 21st Century Boys dan hanya bertahan 2 edisi pada 2007 silam.

Di dalamnya, manga ini bercerita mengenai seorang anak SD yang bercita-cita menjadi penguasa dunia dan mengikrarkan hal tersebut di depan teman-temannya. Kemudian setelah semua beranjak dewasa, akhirnya cita-citanya tersebut diwujudkan dalam bentuk yang ekstrim. Sehingga teman-temannya pun harus menghentikan dengan berbagai cara yang sangat rumit untuk dijalankan.(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.