Acila Batalkan Lagu Chossy Pratama Jadi Juara

By Hernowo Anggie

on Jul 29, 2013 at 13:30 WIB

Lagu anak berjudul Indonesia Jangan Bersedih yang diciptakan oleh Chossy Pratama mampu menjadi juara 3 dalam Ajang Cipta Lagu Anak (Acila) 2013 di babak grand final pada 29 Juni lalu.

Akan tetapi, Acila akhirnya membatalkan lagu tersebut sebagai lagu yang berhak menang. Pasalnya, pihak penyelenggara baru mengetahui jika lagu tersebut sudah pernah dipublikasikan media 2006 silam.

"Ada seseorang bernama Aulia Rahman yang mengirimkan email kepada kami selaku panita penyelenggara Acila 2013. Di email tersebut terlampir attachment file dengan format mp3 dengan judul lagu itu tapi sudah dinyanyikan oleh orang lain," ujar Tika Bisono selaku Ketua Panitia ajang tersebut saat ditemui di kawasan Pasar Blok A, Jakarta Selatan, Minggu (28/7/2013).

Menurut Tika, ia dan timnya langsung menelusuri kebenaran informasi terkait lagu yang sudah pernah diedarkan kepada masyarakat itu. Ia pun kaget saat mengetahui hasil pendalaman informasi yang dikirimkan oleh Aulia Rahman.

"Saya langsung syok. Padahal dari awal kami sudah menyampaikan kalau pendaftaran lagu dilakukan dengan syarat belum pernah dipublikasikan. Tapi ini bukan karena faktor kesengajaan panitia penyelenggara lho," papar Tika.

Karena terbukti melanggar persyaratan, Acila pun terpaksa mengeliminasi lagu milik Chossy Pratama. Sehingga, ia pun kembali merotasi daftar pemenang yang berhasil menjuarai Acila 2013.

"Tentunya langsung ada perubahan pemenang. Urutannya jadi beda lagi. Dan semua hadiah yang pernah diterima oleh Mas Chossy harus dikembalikan. Dan hal itu sudah dilakukan oleh Mas Chossy, untuk kami serahkan kembali kepada yang lebih berhak menerimanya," tutup dia.(Gie)

Credit mer

Suka artikel ini?
Hernowo Anggie
Hernowo Anggie

  Full bio »

0 Comments