Sukses

Komikus Indonesia Raih Juara Lomba Manga Tanpa Dialog di Jepang

Alex Irzaqi, salah satu komikus Indonesia berhasil meraih juara dalam kompetisi manga di Jepang.

Salah satu komikus muda Indonesia baru saja memenangkan penghargaan yang menjadi pencapaian tertingginya dalam lomba membuat komik. Adalah Alex Irzaqi, yang meraih The Winner Award dalam kompetisi Silent Manga Audition di Jepang.

Dilansir dari Antara (5 Agustus 2013), kompetisi yang diadakan oleh majalah manga Jepang Comic Zenon ini, diikuti oleh sekitar 504 orang peserta yang terdiri dari 54 negara berbeda.

Kompetisi tersebut menyajikan 26 penghargaan yang harus diperebutkan oleh seluruh peserta. Selain itu, karya para pemenang akan dimuat dalam majalah manga Jepang. Alex sendiri diganjar hadiah sebesar 500 ribu Yen atas kreativitasnya.

Mengenai penghargaan yang diraih oleh Alex, ia pun menyatakan, "Semoga saya bisa jadi pemicu bagi saudara-saudara se-Tanah Air lainnya yang pastinya banyak yang lebih jago dari saya."

Alex sendiri sukses mewakili Indonesia dengan meraih sembilan penghargaan mengalahkan Jerman hanya bisa menggondol empat dan Thailand yang hanya meraih tiga penghargaan.

Silent Manga Audition sendiri merupakan lomba komik bisu tanpa dialog dan baru pertama kali diadakan di Jepang. Tujuannya adalah agar karya-karya komik dari seantero bumi dapat dinikmati oleh seluruh pembaca lintas dunia tanpa terkendala faktor bahasa. Untuk kesempatan perdana, kompetisi ini mengusung tema "Surat Cinta".

Pihak penyelenggara, yaitu Comic Zenon adalah markas utama bagi para mangaka seperti Tetsuo Hara (Fist of the North Star) dan Tsukasa Hojo (City Hunter).(ANT/Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.