Sukses

[VIDEO] Libur Lebaran, Ustad Zacky Mirza Kunjungi Buton

Di Pulau Buton, Ustad Zacky Mirza bersama keluarga di antaranya mengunjungi Benteng Kraton Buton yang terdapat masjid berusia ratusan tahun.

Memberikan ceramahnya di Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara pada saat Idul Fitri kemarin, Ustad Zacky Mirza menyempatkan dirinya dan keluarga untuk mengunjungi Benteng Kraton Kesultanan Buton dimana terdapat masjid yang sudah berusia ratusan tahun.

Tempat tersebut merupakan sejarah bagi raja Buton di masa lalu. Salah satunya adalah ditempatkannya makam seorang raja bernama Sultan Murhum yang akhirnya menjadi mualaf. Selain itu, di dalam Benteng Kraton juga terdapat tempat pelantikan bagi raja Buton.

Saat mengunjungi salah satu bangunan, Ustad Zacky Mirza dan keluarga pun memasuki makam Sultan Murhum dimana tidak ada batu nisan di sekitarnya. Saat berada di sana, Ustad Zacky dan keluarga pun berdoa dengan khusyu.

Setelah itu, mereka pun mengunjungi masjid dari Kesultanan Buton yang sudah cukup tua. Ustad Zacky juga turut menjelaskan bahwa masjid tersebut adalah tempat dilantiknya para raja.

Cara pelantikan raja yang cukup unik dengan memasukkan kaki ke dalam sebuah lubang pun diikuti oleh ustad Zacky Mirza. Hebatnya, ukuran sepatu Ustad Zacky yang mencapai 34, bisa masuk ke dalamnya. Padahal menurut para penjaga masjid, tidak semua kaki bisa masuk. Namun, uniknya ada yang bilang kalau ukuran apa saja bisa masuk.

Tradisi keliling pada saat malam takbiran di Buton selalu diselenggarakan setiap tahun. Bahkan, ribuan orang yang berkeliling pun melakukan pawai dengan membawa obor. Tampak juga Ustad Zacky Mirza mengikuti jalannya pawai.(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.