Sukses

4 Tips Siti Badriah Terhindar dari Pergaulan Bebas

Pergaulan bebas dapat berujung kepada hotel prodeo, rumah sakit, pusat rehabilitasi, pernikahan dini, hingga kuburan sekalipun.

Pegaulan bebas adalah ketika seseorang terbawa lingkungannya yang negatif. Namun, arti pergaulan bebas semakin meluas hingga berarti drugs alias penyalahgunaan narkoba dan seks bebas. Pergaulan bebas juga menjadi salah satu polemik di Tanah Air. Umumnya hal ini bisa berujung kepada hotel prodeo, rumah sakit, pusat rehabilitasi, pernikahan dini, hingga kuburan sekalipun. Bagaimana si seksi Siti Badriah menanggapi hal tersebut? Ini 4 tips dari Siti Badiah agar terhindar dari pergaulan bebas:

1. Mengurangi pergaulan bebas
"Mungkin kalau menjauhi memang manusia zaman sekarang nggak bisa ya. Pergaulan bebas bisa ditemukan di mana saja. Dan aku juga kalau bergaul atau berteman kan nggak pilih-pilih, nggak pandang bulu, nggak lihat warna kulit. Tapi aku melihat sifatnya dan apakah lingkungan tersebut bisa memberikan sesuatu yang positif buat aku. Kalau tidak bisa menolak atau menjauhi, paling nggak dikurangi saja."

2. Kurangi clubbing
"Coba deh dikurangi clubbing-nya, dikurangi hiburan malamnya. Jangan banyak bergaul sama alkohol, jangan juga menyentuh yang namanya narkoba. Kan kalau sudah minum atau kebanyakan ke tempat-tempat begitu jadi lupa semua. Kalau sudah begitu nanti pasti ketagihan. Jarang banget ada yang positif dari hiburan malam. Jauhi tempat-tempat atau barang yang suka bikin kamu jadi lupa diri."

3. Gali informasi
"Perbanyak mendengar masukan-masukan dari orang sekitar soal apa saja. Perbanyak juga informasi biar nggak gampang diperdaya atau dibohongi orang. Sekarang kan macam-macam caranya orang menipu atau yang mau menjebloskan kamu ke dalam lubang. Kalau sudah jatuh memang bisa bangun, tapi bisa juga kamu jatuh di lubang yang sama. Masih mending kalau itu memberikan pelajaran. Kalau cuma gitu-gitu aja mah mending nggak usah."

4. Dengarkan orangtua
"Kalau ada apa-apa, curhat sama orangtua. Jangan sama orang lain. Boleh sama orang lain tapi jangan lupain orangtua juga. Nggak mungkin orangtua kasih saran yang buruk. Atau nggak mungkin orangtua jeblosin anaknya ke dalam lubang. Orangtua itu segalanya."(Asw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.