Sukses

Wuih! Cliff Richard Siap Luncurkan Album ke-100

Cliff Richard yang berjuluk Peter Pan of Pop ini siap meluncurkan Fabulous Rock `n` Roll Songbook pada 11 November nanti.

Sulit menandingi produktivitas Cliff Richard dalam belantika musik. Betapa tidak, musisi kawakan asal London, Inggris yang kini genap berusia 72 tahun segera merilis albumnya yang ke-100.

Rencananya, seperti dilansir BBC, Kamis (5/9/2013), bintang yang dijuluki Peter Pan of Pop ini siap meluncurkan Fabulous Rock `n` Roll Songbook pada 11 November nanti. Album itu direkam secara langsung di Blackbord Studio and The Prlor di Nashville, Tennessee, Amerika Serikat.

"Ini adalah kesempatan saya untuk membuat tribut tidak hanya, menurut saya, salah satu pencapaian di sejarah musik, tapi juga para seniman yang mengusung rock `n` roll yang merajai dunia," ucap Richard.

"Masa-masa itu baru dan menyenangkan. Dan saya ada di sana," imbuh Richard. Richard membeberkan pula, album itu akan memuat lagu rock klasik seperti milik Elvis Presley, Little Richard, dan Buddy Holly.

Untuk diketahui pemilik gelar kebangsawanan Sir itu kali pertama merilis album pada 1959 bertajuk Serious Charge. Sepanjang karier bermusiknya, Richard telah menelurkan 47 album studio, 35 kompilasi, 11 album live, dan 7 soundtrack film.

Kalau dihitung, pelantun The Power of Love tersebut rata-rata meluncurkan dua album dalam setahun. Tiga peraih Brit Award ini juga menjual lebih banyak single ketimbang penyanyi pria Inggris lainnya, dengan angka 21,5 juta kopi.

Sir Cliff Richard, OBE, lahir di Lucknow, India Britania, 14 Oktober 1940. Ia adalah penyanyi sekaligus pemeran dan usahawan dari Inggris. Nama aslinya adalah Harry Roger Webb.

Bersama band pengiring bernama The Shadows, Richard mendominasi dunia musik pop Britania pada akhir dekade 1950-an dan awal 60-an, sewaktu belum ada The Beatles atau tahun pertama lagu-lagu The Beatles mulai dikenal orang. Setelah masuk Kristen, musiknya menjadi lebih lembut, dan tak lagi rock and roll.

Richard menyamai rekor Elvis Presley sebagai pemegang rekor singel terbanyak yang masuk ke tangga lagu Britania selama enam dekade, dari 1950-an hingga 2000-an. Cliff Richard pernah menempatkan sejumlah 120 single, album, dan EP di peringkat 20 teratas tangga lagu/album Britania. Hingga saat ini, ia telah menjual lebih dari 250 juta rekaman.(Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.