Sukses

Awas! 6 Horor Indonesia Ini Dibuat dari Kisah Nyata

Dari berbagai macam film horor Indonesia, terdapat beberapa yang mencerminkan tempat maupun sosok nyata. Apa saja judul-judul film tersebut?

Banyaknya film horor buatan Indonesia yang sudah ditayangkan telah menuai kesuksesan. Akan tetapi, tak sedikit juga yang mengundang cibiran. Meskipun begitu, para sineas kita patut diacungi jempol atas keberaniannya dalam menghasilkan karya-karya menyeramkan.

Tak hanya berdasarkan pengalaman pribadi maupun imajinasi belaka, para sineas kita pun banyak yang mengangkat lokasi maupun kejadian nyata di Indonesia untuk ditampilkan di layar lebar.

Dari berbagai macam judul yang ada, memang tak sedikit yang mampu mencerminkan suasana angker. Namun begitu, beberapa film diambil dari legenda maupun kisah nyata yang cukup terkenal di kalangan masyarakat.

Judul-judul yang ada ini sempat membuat banyak orang terngiang-ngiang begitu mendengar namanya. Sosok-sosok maupun tempat-tempat yang ada memang pernah menggemparkan masyarakat melalui tulisan maupun kabar-kabar yang beredar.

Lantas, apa saja judul-judul film tersebut? Berikut daftar yang telah kami temukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman


1. Terowongan Casablanca (2007)

Judul yang satu ini memang sangat mengerikan jika dilihat dari salah satu tempat nyata yang ada. Cerita dalam film ini mengisahkan tentang seorang wanita yang menjadi makhluk mengerikan setelah tewas dibunuh oleh kekasih yang menghamilinya.

Beberapa adegan di dalam film memperlihatkan sosok nenek menyeramkan yang diambil dari beragam cerita di Terowongan Casablanca yang terletak di daerah Kuningan, Jakarta.
3 dari 7 halaman


2. Rumah Pondok Indah (2006)

Rumah Pondok Indah adalah buah karya Rudy Soedjarwo yang mengisahkan tentang satu keluarga kecil yang diganggu oleh roh halus bernama Maya setelah pindah ke sebuah rumah di daerah Pondok Indah.

Lokasi Rumah angker di Pondok Indah yang ada dalam film ini benar-benar nyata dan berlokasi di jalan Metro Pondok Indah, Jakarta Selatan. Kisah yang beredar kala itu adalah hilangnya pedagang nasi goreng di depan rumah tersebut secara misterius.
4 dari 7 halaman


3. Hantu Jeruk Purut (2006)

Diambil daril tempat pemakaman umum di daerah Jeruk Purut. Kisah pastor kepala buntung yang berkeliaran di sekitar daerah itu, sangat kuat ditonjolkan dalam film ini. Ceritanya sendiri lebih berfokus pada diterornya tiga sahabat oleh berbagai sosok makhluk halus jahat.
5 dari 7 halaman


4. Rumah Kentang (2012)

Diperankan oleh Shandy Aulia dan Tasya, film ini berkisah mengenai sepasang adik kakak yang pindah ke rumah kentang dan dihantui oleh berbagai makhluk halus.

Dalam kisah yang beredar, terdapat aroma kentang yang sangat tajam beserta suara anak kecil di rumah tersebut saat menjelang malam.

Cerita yang beredar pun cukup memilukan dimana terdapat anak kecil yang jatuh ke dalam kuali yang sedang digunakan untuk memasak kentang.
6 dari 7 halaman


5. Si Manis Jembatan Ancol (1993)

Sosok Siti Ariah yang dikisahkan menjelma menjadi sesosok hantu bernama Mariam memang benar adanya. Siti Ariah yang diperkosa lalu dibunuh dan dilempar ke pinggir laut Ancol itu membuat Atok Suharto mengadaptasinya menjadi film horor yang dibintangi oleh Diah Permatasari dan Ozy Syahputra.
7 dari 7 halaman


6. Ratu Pantai Selatan (1980)

Dibintangi oleh Fadly (sempat tenar dengan nama drg. Fadly) dan Susanna Caecilia, cerita dalam film ini berkisah mengenai putri dari Nyi Roro Kidul alias Ratu Pantai Selatan yang ingin hidup di darat dengan menjelma sebagai ikan mas. Setelah di darat, sang putri pun jatuh cinta dengan seorang nelayan. Namun suatu masalah terjai hingga akhirnya Nyi Roro Kidul pun muncul.

Sosok Nyi Roro Kidul memang sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia terutama di wilayah selatan pulau Jawa. Di kalangan keraton Yogyakarta, sosok yang juga dikenal sebagai Kanjeng Ratu Kidul ini sangat disegani.(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini