Sukses

5 Film Laga Hollywood yang Berlokasi di Jepang

Jepang dengan budaya aslinya membuat para sineas tertarik untuk menjadikannya lokasi film laga. Apa saja film yang bertempat di Jepang?

Film Hollywood yang bertempat di negara asalnya, Amerika Serikat memang sudah banyak bertebaran. Bahkan, beberapa negara di benua Eropa juga sempat menjadi lahan bagi para sineas Hollywood untuk melakukan pengambilan gambar.

Akan tetapi, terdapat juga negara-negara di benua Asia yang turut menjadi incaran bagi para pembuat film Hollywood untuk dijadikan lokasi syuting. Salah satunya adalah Jepang yang berjuluk Negeri Sakura dengan kekayaan budaya aslinya.

Begitu banyaknya unsur budaya seperti pakaian, tempat, makanan, upacara, dan sebagainya yang menghiasi keindahan Jepang. Sehingga, hal tersebut mampu membuat orang-orang tertarik untuk menjadikannya sasaran utama dalam berbagai hal termasuk membuat film.

Tak hanya film drama maupun horor, film laga pun dijadikan genre utama para aktor Hollywood untuk bisa berakting dengan penuh aksi di Negeri Sakura. Bahkan, mereka juga menggunakan berbagai atribut Jepang saat bermain sebagai tokoh utamanya.

Lantas, apa saja film-film laga yang menjadikan Jepang sebagai tempat serta sasaran budaya supaya para aktor bisa beraksi?

1. The Last Samurai (2003)
Diperankan oleh Tom Cruise dan Ken Watanabe, 'The Last Samurai' mengambil setting di Jepang pada abad ke-19 di era Restorasi Meiji. Film ini bercerita tentara Amerika yang menjalin hubungan emosional dengan banyak orang Jepang dan menjadi bagian dari Samurai.

Meskipun kebanyakan syutingnya diambil di New Zealand dan California, namun beberapa adegan diambil di kota-kota besar Jepang seperti Kyoto maupun Himeji. The Last Samurai disutradarai oleh Edward Zwick yang juga memproduseri film-film sukses seperti 'Shakespeare in Love' dan 'Traffic'.

2. Kill Bill Vol. 1 (2003)
'Kill Bill' adalah film besutan suradara Quentin Tarantino yang terkenal dengan dialog menegangkan dan adegan aksi berlumuran darah. Dibintangi oleh Uma Thurman, film ini bermuatan budaya Jepang dan juga beberapa unsur lainnya termasuk kemunculan band asli Jepang, The 5.6.7.8's. Bahkan, studio animasi Jepang Production I.G. membuat beberapa sesi animasi di dalam film.

3. The Yakuza (1974)
'The Yakuza' digarap oleh sutradara Sydney Pollack dan dibintangi oleh Robert Mitchum dan Ken Takakura. Berkisah mengenai detektif yang harus berurusan dengan para yakuza. Film ini sangat kental dengan nuansa Jepang kontemporer pada saat itu.

4. Black Rain (1989)
Diperankan oleh Michael Douglas dan Andy Garcia, 'Black Rain' memiliki latar cerita dimana dua orang polisi New York terseret ke dunia bawah tanah Jepang setelah menangkap seorang yakuza yang kemudian dipulangkan ke Jepang. Film ini disutradarai oleh Ridley Scott, sang penggarap 'Alien', 'Black Hawk Down', dan 'Gladiator'.

5. The Wolverine (2013)
Siapa yang tidak kenal Hugh Jackman dan Wolverine? Pastinya para penggemar komik Marvel sangat menunggu film laga satu ini. Setting 'The Wolverine' memang berada di Jepang. Banyak hal-hal yang berkaitan dengan budaya dan keindahan Jepang dipamerkan dalam film garapan James Mangold ini.(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini