Sukses

Aman Berkendara dengan 4 Tips dari Didi Riyadi

Menurut aktor yang juga doyan dunia otomotif ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum dan di saat berkendara.

Belakangan mencuat nama putra Ahmad Dhani yang mengalami kecelakaan hebat di jalan tol. Dalam tragedi tersebut, enam meregang nyawa. Banyak kalangan bertanya-tanya mengapa kejadian ini bisa terjadi. Terlepas dari segala faktor, aktor Didi Riyadi memberikan empat tips agar berkendara menjadi aman dan nyaman. Menurut pria yang juga doyan dunia otomotif ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum dan di saat berkendara:

1. Cek Kondisi Mobil
"Sebelum berkendara, harus tahu dulu kondisi mobil yang mau dibawa. Apakah layak atau tidak untuk dikendarai? Cek semuanya dan pastikan dalam keadaan serta kondisi yang baik. Jangan lupa cek aki, ban mobil sudah haus atau belum, dan cek air radiator. Kalau semua beres, pasti permasalahan mobil nggak mengganggu dan berkendara jadi aman."

2. Kondisi Diri Sendiri
"Mobil sudah dicek nih, aman dong.. Tapi bagaimana dengan si sopir alias diri sendiri? Kalau lagi berkendara, pastikan kondisi diri sendiri dalam keadaan yang prima, jangan mengantuk. Kalau memang tidak mampu, minta sopir atau teman untuk menggantikan membawa mobil. Jangan disepelekan karena menyangkut nyawa sendiri dan orang lain."

3. Posisi Duduk
"Posisi duduk juga berpengaruh. Kalau posisi duduknya enak pasti bakal nyaman saat menyetir. Kenyamanan itu penting saat berkendara. Coba kalau nggak nyaman, pasti grasak-grusuk kan? Kalau sudah begini ya menyetir juga jadi nggak fokus dan terganggu. Yang kayak gini tuh jarang banget diperhatikan padahal penting banget."

4. Perhatikan Jalan
"Yang paling penting adalah memperhatikan jalan saat berkendara. Lihat kondisinya ramai atau nggak. Karena kan kalau berkendara pasti nggak cuma sendiri di jalan raya. Kalau semisalnya tidak begitu ramai, boleh tancap gas tapi ingat semua itu ada batasannya."(asw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini