Sukses

Maia Estianty yang Dinikahi Ahmad Dhani Tanpa Restu

Maia lebih memilih Dhani meski orangtuanya tak mengizinkan dirinya pacaran dengan musisi.

Nama Maia Estianty, di awal kemunculannya memang lebih dikenal sebagai istri dari pentolan Dewa 19, Ahmad Dhani. Belum ada nama Ratu atau Duo Maia saat itu. Di tahun 2002 atau sebelumnya, Maia lebih sering menjadi backing vocal atau penyanyi latar Dewa 19. Waktu itu, bersama Maia juga ikut di dalamnya Pinkan Mambo dan juga Reza Artamevia.

Dilahirkan dari keluarga yang berpendidikan, sang ayah  Ir. Harjono Sigit, dan ibunya  Gustini, orangtua Maia adalah rektor di Institut Negeri Surabaya. Namun, sayangnya Maia memilih untuk berpacaran dengan Ahmad Dhani.

Maia Estianty

Kisah cinta keduanya memang tidak berjalan mulus. Pasalnya, orangtua Maia tidak merestui hubungan sejoli ini. Orangtua Maia tak ingin anaknya menjalin hubungan dengan musisi. Tetapi, kekuatan cinta membuat mereka bersatu dalam mahligai pernikahan.

Pada saat SMA, Maia yang lahir Surabaya, 27 Januari 1977 menekuni dunia Disc Jockey dan rapper. Saat itu, Maia memiliki seorang pacar. namun entah kenapa akhirnya dia lebih memilih berpacaran dengan Dhani yang sudah mulai menekuni karirnya sebagai musisi.

Setelah lulus, Dhani memutuskan berkarir di dunia musik. Ketika itu, Dhani sudah membentuk grup band bernama Dewa. Pada tahun 1991, Dhani memutuskan hijrah ke Jakarta untuk mencari perusahaan rekaman yang akan melabeli Dewa 19.

Ahmad Dhani dan Maia Estianty

Meski ditinggal ke Jakarta, hubungannya dengan Maia tetap berjalan lancar. Setelah lulus SMA, Maia mengikuti jejak Dhani untuk ke Jakarta. Tetapi, tidak mudah bagi Maia pergi ke Jakarta.  Di Jakarta, Maia kuliah di Universitas Indonesia. Dia diterima di Fakultas Sastra Belanda. Tetapi, tahun selanjutnya Maia masuk jurusan Komunikasi.

Setelah menjalin cinta cukup lama, akhirnya tahun 1996, pasangan ini melangsungkan pernikahan. Saat itu, Maia menikah dalam usia belia, 19 tahun. Dari pernikahan ini mereka dikaruniai tiga orang anak, Al, El dan Dul. Setelah menikah, karir Dhani di dunia musik semakin sukses. Maia sibuk dengan kegiatannya sebagai ibu rumah tangga mengurus suami dan anak. Rumah tangga mereka berjalan harmonis.

Awal kariernya, Maia mengaku banyak belajar dari Ahmad Dhani sebelum berani menjejak di dunia hiburan. Pada tahun 2003, Maia memberanikan diri membentuk grup musik duo bernama Ratu bersama Pinkan Mambo. Di tahun ini, album pertama mereka bertitel 'Bersama' dengan mengandalkan lagu 'Baik-Baik Saja', 'Jangan Bilang Siapa-Siapa' meraih sukses di pasaran. Tetapi, hubungan kerjasama di antara keduanya tak berlangsung lama.

Maia Estianty dan Pinkan Mambo

Manajemen Ratu mengeluarkan Pinkan yang saat itu hamil tanpa diketahui siapa ayah si janin yang dikandung penyanyi tersebut. Sempat muncul isu yang mengatakan jika Dhani adalah ayah dari bayi yang di kandung Pinkan. Namun, seiring dengan jumpa pers yang dilakukan Pinkan, isu itu pun hilang.

Tak putus asa, Maia mencari pengganti Pinkan. Melalui proses audisi, posisi vokalis kemudian digantikan Wulansari yang diganti dengan nama populer Mulan Kwok dan kini makin populer dengan nama Mulan Jameela. Bersama Mulan, popularitas Duo Ratu makin eksis di blantika musik tanah air.

Duo Ratu formasi baru mengeluarkan album kompilasi mereka yang bertajuk Ratu & Friends dengan single Teman Tapi Mesra (TTM) dan Di Dadaku Ada Kamu. Album yang sebagian besar lagunya diciptakan Maia kembali mencetak sukses di pasaran dengan jumlah penjualan mencapai 400 ribu kopi.

Maia Estianty dan Mulan Jameela

Duo Ratu menikmati masa kejayaan dan mulai menggelar konser di berbagai panggung kesempatan. Mereka masuk dalam jajaran penyanyi pop dengan bayaran mahal.

Setahun kemudian pada 2006, Duo Ratu kembali merilis album ketiga bertema No. Satu. Dua lagu single berjudul  Lelaki Buaya Darat dan Dear Diary dijadikan andalan. Lagi-lagi, album ini meledak di pasaran dan lagu-lagunya akrab di telinga para pecinta musik tanah air. Album Ratu and Friends meledak di pasaran dan meraih double platinum.

Bersamaan dengan masa keemasan karier Duo Ratu, wajah Maia dan Mulan menghiasi layar kaca  untuk mengisi berbagai iklan. Format Ratu yang baru ini kembali tertimpa konflik dan masalah interal. Mulan mempermasalahkan manajemen  yang dianggapnya tak transparan. Di tengah masa jayanya, Duo Ratu  pecah dan Mulan hengkang awal 2007.

Maia Estianty dan Meychan

Perpecahan duo ini meninggalkan banyak masalah. Mulan tidak boleh lagi  menggunakan nama Mulan Kwok yang merupakan pemberian Maia. Dia juga diwajibkan membayar royalti jika ingin menyanyikan lagu-lagu ciptaan Maia.

Maia tidak lantas mencari pengganti Mulan. Dia sempat vakum bermusik selama setahun setelah ditinggal Mulan yang bersolo karier. Maia mengaku tidak buru-buru mencari pengganti. Ia lalu menggandeng Mey Chan dan menggunakan nama baru, Duo Maia. (Adt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini