Sukses

11 Aktor Ini Perankan Presiden AS

Banyak kisah hidup Presiden AS yang diangkat ke layar lebar. Nah, siapa saja aktor-aktor yang pernah memerankan karakter presiden AS?

Banyak kisah hidup Presiden Amerika Serikat yang diangkat ke layar lebar. Mulai dari Abraham Lincoln, J.F. Kennedy, Richard Nixon hingga George W. Bush telah difilmkan oleh para sutradara Hollywood dengan dibintangi banyak aktor kawakan.

Berikut 11 aktor yang memerankan Presiden AS seperti dikutip dari ABC News, Kamis (19/9/2013):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Leonardo DiCaprio

Leonardo DiCaprio mengumumkan rencana untuk bermain sebagai Woodrow Wilson. Warner Bros sedang bernegosiasi untuk memperoleh hak mengangkat biografi Wilson ke layar lebar. Biografi sang presiden yang ditulis A. Scott Berg ini telah terbit pekan lalu.

Biografi tersebut adalah potret heroik Wilson yang memerintah AS pada rentang 1913-1921. Wilson dihadiahi Nobel Perdamaian pada 1919 lantaran jasanya membentuk Liga Bangsa-Bangsa.
3 dari 12 halaman

Josh Brolin

Josh Brolin memerankan Presiden George W. Bush dalam film bertajuk W produksi 2008. Ketika sutradara Oliver Stone mengumumkan rencananya untuk membuat sebuah film biografi mengenai Presiden ke-43 AS, George Walker Bush, semua orang menjadi penasaran. Seperti apa film yang akan dihasilkannya?

Selain karena ingin tahu tentang sudut pandang Stone terhadap Bush, para penggemar dan kritikus film dunia juga sepertinya ingin melihat sesuatu yang `berani` dari Stone, seperti yang sering ia perlihatkan di awal kariernya.
4 dari 12 halaman

Frank Langella

Frank Langella menjadi tokoh Richard Nixon, Presiden ke-27 Amerika Serikat-Richard, dalam film Frost/Nixon. Dalam film besutan Ron Howard (2008) ini Michael Sheen berperan sebagai presenter talkshow Inggris, David Frost.

Ya, siapa yang tak mengenal Richard Nixon? Terungkapnya rekaman suara berisi percakapan politik kotornya yang dikenal dengan Watergate pada tahun 1971, membuat Nixon `dilengserkan` dari kursi kepresidenan yang baru dua tahun dijabatnya.
5 dari 12 halaman

Liev Schreiber

Liev Schreiber membintangi Lyndon B. Johnson dalam film The Butler. Film ini disutradarai Lee Daniels dengan skenario yang ditulis oleh Danny Strong dan Wil Haygood.

Film ini bertabur bintang yang memerankan tokoh-tokoh penting, antara lain para presiden AS selama periode tersebut. Selain Liev Schreiber yang memerankan Lyndon B. Johnson, Robin Williams menjadi Dwight Eisenhower, Minka Kelly sebagai Jackie Kennedy, John Cusack membintangi Richard Nixon, serta Alan Rickman dan Jane Fonda sebagai Ronald dan Nancy Reagan.

Film ini didasarkan pada kisah nyata Eugene Allen, yang menjadi kepala pelayan di Gedung Putih sejak 1952 hingga 1986. Allen menjadi saksi momen penting pada periode delapan presiden AS. Dia tidak hanya menjadi saksi mata, tapi juga terlibat dalam periode kekisruhan sosial dan politik. Allen meninggal di usia 90 tahun pada 2010.
6 dari 12 halaman

Cliff Robertson

Pada 1963, Cliff Robertson memerankan John F. Kennedy muda dalam film PT 109. Istimewanya, Cliff juga dipilih secara pribadi oleh John F. Kennedy untuk memerankan sosok sang politisi pada film biografi tersebut.
7 dari 12 halaman

Rob Lowe

Rob Lowe memerankan Presiden AS yang tewas tertembak, John F. Kennedy (JFK). Dia berperan di film Killing Kennedy yang bakal ditayangkan di saluran National Geographic pada November mendatang. Naskah film ini berdasarkan pada buku Bill O'Reilly dan Martin Dugard.
8 dari 12 halaman

Gary Sinise

Aktor Gary Sinise memerankan Presiden Harry Truman di film Truman, produksi tahun 1995. Uniknya, Gary mengaku bahwa sejak memerankan Presiden Harry Truman, hidupnya telah berubah. Ia mulai melakukan pekerjaan sosial secara internasional, termasuk `People to People` di Kota Kansas.
9 dari 12 halaman

Bill Murray

Bintang Ghostbusters ini memerankan Presiden ke-32 AS, Franklin D. Roosevelt dalam film Hyde Park On Hudson. Film ini meneruskan era film The King`s Speech, di mana tokoh Raja George VI dan Ratu Elizabeth juga akan muncul. Kali ini Raja George VI dan Ratu Elizabeth diceritakan menghabiskan akhir pekan di kediaman Roosevelt yang mewah bernama Hyde Park On Hudson.

Ditunjuknya Bill Murray untuk memerankan Franklin D. Roosevelt, merupakan sebuah kesuksesan tersendiri. Karena berbeda dengan para aktor dan aktris lain, Bill tak mempunyai agen yang dapat merekomendasikannya untuk mendapat peran di film apa pun. Bill hanya memberikan beberapa nomor telepon yang kebanyakan berujung pada kotak pesan suara.
10 dari 12 halaman

Robin Williams

Robin Williams memerankan Theodore Roosevelt dalam Night at the Museum produksi tahun 2006. Termasuk sekuelnya, Night at the Museum 2: Battle of the Smithsonian pada 2009.

Tak hanya Night at the Museum. Robin Williams juga memerankan karakter sebagai Presiden Eisenhower di The Butler.
11 dari 12 halaman

Daniel Day-Lewis

Daniel Day-Lewis memainkan karakter Abraham Lincoln dalam film Lincoln besutan Steven Spielberg. Uniknya, selama tiga bulan pembuatan film Lincoln, Oktober-Desember 2011, Daniel meminta semua kru termasuk sang sutradara, Spielberg, memanggil dirinya dengan sebutan `Mr. President.`

Metode pendalaman karater lainnya adalah menolak berbicara dengan orang lain selain Spielberg selama syuting. Siapa pun yang berani bicara dengan aksen British akan diusir oleh Daniel, yang memang berasal dari Inggris. Konon sampai sekarang ia masih mempertahankan suara Lincoln.

Dengan seluruh pengorbanan yang telah dilakukan, wajar saja apabila Daniel membawa pulang banyak penghargaan lewat film Lincoln, termasuk Best Actor dalam ajang Academy Awards.
12 dari 12 halaman

Anthony Hopkins

Dalam kariernya sebagai seorang aktor, hingga tahun 2000 Anthony Hopkins telah memerankan dua presiden AS. Yaitu, John Quincy Adams dalam Amistad (1997), dan Richard M. Nixon dalam Nixon (1995).
(Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini