Sukses

Lukisan Norman Rockwell Dilelang

Tujuh karya pelukis dan ilustrator ternama Norman Rockwell termasuk "Saying Grace" dan "The Gossip" akan dilelang di New York.

Tujuh karya pelukis dan ilustrator ternama Norman Rockwell termasuk "Saying Grace" dan "The Gossip" akan dilelang di New York, Desember mendatang di rumah lelang Sotheby's. Rockwell yang meninggal pada 1978 melukis kenangan mengagumkan tentang kehidupan sehari-hari di Amerika Serikat selama 65 tahun berkarya.

Lukisan-lukisan yang diperkirakan akan terjual di atas 24 juta dolar AS pada lelang tanggal 4 Desember mendatang itu dijual oleh keturunan Kenneth J. Stuart Sr, sahabat Rockwell dan direktur seni majalah Saturday Evening Post.

Majalah tersebut memuat ratusan karya Rockwell untuk halaman sampul selama sekitar 40 tahun. "Saying Grace" terpilih sebagai sampul favorit pembaca setelah diterbitkan pada 1951, menggambarkan keluarga penganut Mennonite sedang berdoa sebelum makan di sebuah rumah makan. Lukisan tersebut diperkirakan akan terjual seharga 20 juta dolar.

Sementara itu "The Gossip" yang menggambarkan 15 orang termasuk Rockwell dan istri yang sedang berbicara satu sama lain, ditaksir bakal laku seharga 9 juta dolar.

"Untuk menawarkan satu dari mahakarya ini merupakan suatu keuntungan. Menghadirkan dua karya Rockwell yang paling terkenal dalam satu lelang tidak pernah diperkirakan," kata Kepala Bagian Seni Rumah Lelang Sotheby's, Elizabeth Goldberg dilansir dari Reuters, Jumat (20/9/2013).

Lukisan lain yang dijual adalah "Walking to Church" yang ditaksir 5 juta dolar, serta potret mantan Presiden AS Dwight Eisenhower yang diberi judul "The Day I Paint Ike", "Girl at Mirror", "Norman Rockwell Visits a Country School" dan "Breaking Home Ties".

Karya Rockwell "Breaking Home Ties" pada 2006 laku terjual seharga 15,4 juta di Sotheby`s, yang menjadi rekor penjualan karya sang seniman.(asw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini