Sukses

6 Musisi Rock yang Pernah Tampil Bugil

Aksi yang mengundang polemik bagi para musisi rock di kalangan masyarakat adalah berpose bugil. Siapa sajakah yang pernah melakukannya?

Sebagai musisi, pastinya banyak hal yang membuat orang-orang di dalam lingkaran profesi ini tampil beda. Entah itu sekedar ekspresi, maupun dalam rangka menyuarakan aspirasi. Akan tetapi, apa yang mereka lakukan tidak hanya sekedar lewat lagu, namun juga perilaku yang kontroversial.

Salah satu hal yang pastinya sangat berisiko dan mengundang polemik di kalangan masyarakat adalah dengan cara berpose bugil. Selama ini, sudah cukup banyak musisi yang tampil tanpa sehelai benang pun, entah itu di majalah, di panggung, maupun saat di depan umum.

Jika dilihat lebih seksama, terdapat beberapa musisi beraliran rock yang rela tampil nyaris tanpa sehelai benang pun hanya untuk berekspresi serta menyuarakan aspirasi. Tak ayal, penampilan mereka pun terkadang menimbulkan hujatan maupun masalah.

Dari sekian banyak musisi rock yang sudah berekspresi dengan sangat ekstrim tersebut, ada yang dikenang, namun ada juga yang mendapat cacian. Siapa sajakah mereka? Berikut deretan nama-nama yang ada.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman


1. Red Hot Chilli Peppers
Para penggemar berat musik pasti sudah mengetahui jika band yang selalu digawangi oleh Flea (bass) dan Anthony Kiedis (vokal) ini pernah tampil telanjang di atas panggung dan di beberapa foto.

Band yang selalu tampil berempat dan berganti-ganti personel ini, pernah menghebohkan penggemar dengan berfoto telanjang untuk album bertajuk 'The Abbey Road E.P.'

Mereka bergaya layaknya The Beatles yang menyeberangi zebra cross dengan hanya mengenakan kaos kaki di kemaluan masing-masing. Kala itu posisi gitar masih diisi oleh Hillel Slovak dan drummer ditangani oleh Jack Irons.

Namun, tidak hanya di dalam sampul, di atas panggung pun Red Hot Chili Peppers turut tampil seperti ini saat posisi gitar sudah diambil John Frusciante dan drummer sudah diisi Chad Smith. Bahkan, Flea pernah tampil bugil secara penuh saat band miliknya ini tampil.
3 dari 7 halaman


2. Rammstein
Melalui videoklip dari lagunya yang berjudul 'Mann gegen Mann', keenam personel Rammstein yang membawakan musik cadas itu tampil dengan polos tanpa sehelai benang pun bersama instrumen masing-masing.

Lagu ini merupakan single ke-3 Rammstein yang masuk ke dalam album 'Rosenrot'. Mann gegen Mann berkisah mengenai tema homoseksualitas yang sangat kental.

Selain para personel Rammstein, di dalam videoklip ini juga terdapat beberapa model pria berotot yang juga turut tampil bugil. Sehingga, nuansa homoseksualitas terlihat sangat kental.
4 dari 7 halaman


3. Rage Against The Machine
Menyuarakan protes di Philadelphia pada 1993, kala itu kuartet Rage Against The Machine memberanikan diri untuk tampil telanjang bulat. Band yang diusung Zack De La Rocha, Tom Morello, Tim Commerford, dan Brad Wilk itu, tampil di hadapan kerumunan ribuan penonton.

Saat melakukan hal ekstrim tersebut, mereka berempat sedang manggung di sebuah pagelaran musik tahunan bertema Lollapalooza. Mereka semua tampil telanjang bulat namun hanya berdiri terdiam tanpa memainkan satu lagu pun sambil menutup mulutnya dengan lakban.

Uniknya, dari sekian banyak penonton yang menyaksikan, terdapat beberapa orang yang entah kesal atau sekedar iseng, melempar kemaluan para personel dengan koin. Yang pasti, protes tersebut disuarakan karena adanya ancaman pelarangan menulis lirik lagu secara eksplisit yang hendak dilakukan oleh salah satu lembaga besar di Amerika Serikat.
5 dari 7 halaman


4. Blink 182
Para personel Blink 182 pernah menghebohkan penggemarnya melalui videoklip 'What’s My Age Again'. Di situ, terlihat Tom DeLonge, Mark Hoppus, dan Travis Barker berlari telanjang bulat mengelilingi jalanan di tengah kota.

Di adegan yang lain, terlihat juga saat ketiganya berada di studio sambil bermain dengan instrumen masing-masing dimana ketiganya seolah berada tempat itu tanpa sehelai benang pun.

Ternyata, dinyatakan oleh Mark bahwa selama mereka berlari di keramaian, ketiganya mengenakan celana ketat berwarna kulit. Namun, adegan terakhir videoklip memperlihatkan dimana bagian belakang mereka benar-benar tampak polos.

Video yang dirilis pada 1999 itu, disutradarai oleh Marcos Siega dan Brandon PeQueen. Lagu ini menjadi bagian dari promosi album Blink 182 yang diberi judul 'Enema of the State'.
6 dari 7 halaman


5. Nick Oliveri (Mantan Queens of the Stone Age)
Sebagai mantan bassis Queens of the Stone Age, sosok Nick Oliveri cukup dikenal di kalangan pecinta musik. Akan tetapi, rocker satu ini memang benar-benar menunjukkan keberaniannya saat tampil telanjang bulat di sebuah konser.

Nick memainkan instrumennya tanpa sehelai benang pun ketika ia masih bersama Queens of the Stone. Aksinya tersebut dilakukan setelah muncul dugaan dirinya dikeluarkan dari band oleh sang vokalis, Josh Homme.

Foto Nick tersebar dimana-mana, dan organ kemaluannya pun terlihat sangat jelas. Sehingga sosok yang selalu tampil berkepala plontos dan berjanggut lebat itu, dianggap biasa saat mengenakan pakaian. Aksinya itu dilancarkan sebelum bandnya berhenti melaksanakan tur.
7 dari 7 halaman


6. Slash (Mantan Guns N' Roses)
Gitaris yang sangat populer dan dianggap legendaris ini, pernah kepergok berfoto telanjang di belakang set panggung. Namun, foto yang dibuat dalam format hitam putih itu, hanya memperlihatkan polosnya bagian belakang tubuh Slash yang hanya mengenakan topi kebanggaannya.

Lucunya, di foto tersebut Slash sedang berdiri sambil memegang sebuah manekin yang bagian kepalanya seolah-olah sedang menghampiri alat kelaminnya. Uniknya lagi, tangan kiri Slash diangkat seolah sedang menginstuksikan sesuatu kala itu.(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini