Sukses

Stroke, Chaerul Umam Tak Pernah Mengeluh Sakit

Chaerul Umam sosok yang tegar. Selama dua bulan mengidap sakit, sutradara kondang ini tak pernah mengeluh.

Sekitar dua bulan lebih Chaerul Umam mengidap sakit. Namun, selama itu juga sutradara 70 tahun tak pernah mengeluhkan soal penyakitnya tersebut. Hal itu diakui oleh Nunu, istri yang telah 40 tahun dinikahinya.

Sejak Ramadan datang, kondisi kesehatan Chaerul sempat mengalami penurunan. Tetapi, sutradara film Ketika Cinta Bertasbih ini tak pernah mengeluh.

"Sebetulnya sakitnya datang waktu Ramadan, mungkin karena kecapekan syuting. Jadi kadang nggak memikirkan badannya sendiri. Tapi kami semua ikhlas, apa yang dilakuikan beliau insyaallah amal saleh," ungkap Nunu ditemui di rumah dukanya di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis (3/10/2013.

Bahkan, diakui Nunu, jelang detik-detik kepergiannya, Chaerul selalu mengaku sehat meski kakinya sudah mengalami pembengkakkan. "Bapak nggak pernah ngeluh, ditanya sakit apa jawabannya 'nggak'. Kakinya bengkak juga nggak ngeluh," kata Nunu.

Meski sedih, namun Nunu mengaku telah ikhlas dengan kepergian sang suami menghadap Tuhan. Hal itulah yang membuatnya mampu tegar.

"Karena semua milik Allah, hak pinjam saya sudah habis di dunia. Bapak itu ladang amal saya ya, beliau surga saya. Saya bilang, bapak duluan nanti saya menyusul," tuturnya.

Sutradara Chaerul Umam meninggal di Rumah Sakit Islam Pondok Kopi, Jakarta Timur sekitar pukul 15.00 WIB. Beberapa pekan sebelumnya Chaerul sempat mengalami stroke dan memiliki sedikit riwayat diabetes melitus. Almarhum meninggalkan satu istri, tiga anak, dan dua cucu. (fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini