Ini 3 Astronot Indonesia Yang ke Luar Angkasa Bareng Axe Apollo

  • Selebritis
  • 0
  • 14 Okt 2013 09:00
AXE Apollo Space Academy (AASA) Indonesia akhirnya mendapatkan tiga orang calon astronot yang akan berpetualang ke luar angkasa pada 2014 mendatang. Tiga orang astronot yang terpilih merupakan hasil seleksi ketat dari masa karantina yang dijalani selama tiga hari dan diikuti 40 peserta dari 82 ribu orang pendaftar.

Ketiga calon astronot itu adalah Muhammad Sidharta Krisna, Rizman Adhi Nugraha, dan Abraham Gamaliel Figrana. Mereka akan berangkat ke Orlando, Florida, Amerika Serikat pada Desember nanti untuk menjalani pemusatan latihan serta menjalani seleksi tahap berikut. Nantinya, hanya akan ada satu orang astronot asal Indonesia yang benar-benar menjelajah luar angkasa.
 
"Ini merupakan kesempatan besar sekaligus membanggakan buat saya. Karena nggak ada sebelumnya orang Indonesia yang bisa pergi ke luar angkasa," ujar Rizman, peserta asal Bangka Belitung, saat ditemui di AXE Apollo Space Academy (AASA) Indonesia Headquarter, Jakarta, Sabtu (28/9/2013).

Diakui Rizman, ia tak menyangka langkahnya untuk bisa mengarungi angkasa luar bersama AXE Apollo bisa menembus babak final. Padahal, semula pria berusia 24 tahun itu mengaku hanya sebatas iseng-iseng mendaftarkan diri ke AASA Indonesia.
"Memang awalnya saya tertarik lihat informasi kalau AXE mengajak untuk pergi ke luar angkasa. Pas ada kesempatan, saya coba untuk mendaftar, nggak tahunya terpilih masuk 40 besar sampai akhirnya jadi tiga orang calon astronot Indonesia yang dikirim ke Amerika Serikat. Bangga sekali," tambah Rizman yang berprofesi sebagai karyawan kantoran itu.

Hal berbeda dirasakan Abraham Gamaliel Figrana, peserta AASA Indonesia asal Bandung, Jawa Barat. Menurutnya, bisa terpilih untuk mengikuti tahapan AASA Global Space Camp di Orlando, Florida, Amerika Serikat, sebuah pencapaian tertinggi cita-citanya.
"Ini perjuangan tertinggi saya bisa pergi kesana (Amerika Serikat). Mudah-mudahan saya bisa menjawab kepercayaan sebagai satu dari 22 astronot yang berasal dari seluruh dunia yang berangkat ke luar angkasa," harap dia.

Nantinya, satu dari tiga calon astronot yang terpilih untuk pergi ke luar angkasa dari program AASA Indonesia akan mendapat kesempatan menumpang pesawat XCOR Lynx Mark II. Pesawat berkapasitas dua orang ini baru akan diuji coba pada akhir 2013. Selanjutnya di 2014 akan diterbangkan sejauh 103 km dengan durasi perjalanan total 60 menit. (Gie/Adv)

(Aditia Saputra)


Related Articles
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler