Sukses

Ini Dia, Musisi Berpenghasilan Terbesar Versi Forbes 2013

Forbes kembali melansir musisi dengan penghasilan terbesar sepanjang 2013, dan Madonna kembali berhasil meraih posisi pertama.

Penyanyi wanita 55 tahun, berhasil mengalahkan musisi lain seperti Lady Gaga dan rocker veteran Bon Jovi sebagai musisi berpenghasilan terbesar pada tahun 2013, seperti yang dilansir dari Forbes, Selasa (19/11/2013).

Madonna berhasil mengumpulkan penghasilan sebanyak 125 juta dolar AS, sebagian besar penghasilannya merupakan buah kesuksesan dari tur MDNA yang meraup pendapatan hingga 305 juta dolar AS, juga dari pernak-pernik konser, penjualan dari bisnis pakaian dan parfum.

"Sesuai nama panggilannya, Madonna adalah Material Girl yang menempati posisi teratas kami dari daftar musisi berpenghasilan terbesar dengan selisih yang besar," kata Forbes seperti dilansir dari Reuters. Lady Gaga menempati posisi kedua dengan penghasilan 80 juta dolar AS, dan Bon Jovi berada di peringkat ketiga dengan 79 juta dolar AS.

Seperti Madonna, mereka berdua mendapat penghasilan besar dari tur-tur. Konser teranyar Lady Gaga membawa pendapatan sebanyak 168 juta dolar. Sementara penghasilan kotor Bon Jovi dari konser mencapai 3 juta dolar AS per kota.

Forbes mengumpulkan daftar berisi 25 musisi berpenghasilan terbesar dengan memperkirakan pendapatan selama 12 bulan antara Juni 2012 dan Juni 2013 lewat data dari Pollstar, RIAA, dan Nielsen SoundScan.

Forbes juga berkonsultasi dengan pengacara-pengacara industri, para manajer, dan sebagian musisi. Penjualan tiket, royalti, penjualan pernak-pernik, dan usaha bisnis pun menjadi perhitungan dalam menentukan penghasilan terbesar.

Album terbaru Lady Gaga, ARTPOP, tidak diikutkan dalam perhitungan karena dirilis setelah Juni 2012. Bintang musik country Toby Keith menempati posisi keempat dengan 64 juta dolar AS, dan Coldplay berada di nomor lima dengan 64 juta dolar.

Lebih lanjut, tahun 2012, posisi pertama juga dipegang oleh Madonna dengan pendapatan USD 34,5 juta (Rp 401 miliar). Pelantun Material Girl ini tidak hanya berjaya di kalangan musisi. Akhir Agustus lalu, ia juga dinobatkan sebagai selebriti berpenghasilan terbesar 2013 mengalahkan sutradara Steven Spielberg dan Simon Cowell.

Berikut ini 10 peringkat teratas musisi dengan penghasilan terbesar 2013:

Madonna: USD 125 juta
Lady GaGa: USD 80 juta
Bon Jovi: USD 79 juta
Toby Keith: USD 65 juta
Coldplay: USD 64 juta
Justin Bieber: USD 58 juta
Taylor Swift: USD 55 juta
Elton John: USD 54 juta
Beyonce Knowles: USD 53 juta
Kenny Chesney: USD 53 juta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini