Sukses

Grup Musik Pencetak Album Terlaris di Jepang Sepanjang 2013

Siapa saja grup musik Jepang yang sukses meraih penjualan tertinggi sepanjang 2013 ini?

Pecinta musik Jepang pastinya mengenal beberapa nama grup yang telah merambah pasar Negeri Sakura maupun internasional. Pada tahun ini, terdapat beberapa grup musik yang penjualan albumnya terhitung sangat tinggi.

Berdasarkan kaleidoskop musik Jepang di tahun 2013 ini, terdapat beberapa nama grup musik yang kembali merajai tangga album Oricon untuk kesekian kalinya.

Hampir semua dari mereka merupakan para musisi atau band yang cukup senior dan telah eksis sejak lama. Terlebih lagi, ada juga grup yang sudah berkarier sejak 1980an.

Namun begitu, beberapa dari mereka sukses tidak hanya menelurkan banyak karya baru. Ada yang berhasil menyita perhatian para pendengar musik di negaranya hanya dengan merilis album kompilasi.

Lantas, siapa saja grup musik Jepang yang sukses meraih penjualan tertinggi sepanjang 2013 ini? Berikut kami sebutkan nama-namanya, seperti dikutip dari Oricon melalui Tokyo Hive.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman


1. B'z

Tahun ini, B'z merilis dua buah album kompilasi berisi seluruh single yang pernah dirilisnya dengan judul B'z The Best 1999-1998 dan B'z The Best 1999-2012.

Di kedua album kompilasi tersebut terdapat judul-judul single sejak awal karier hingga album C'mon yang dipasang secara berurutan. Selain itu, terdapat juga dua buah lagu baru di setiap album.

Lagu-lagu baru yang ada, mencakup Heat yang merupakan cover lagu Kim Hyun-joong ciptaan mereka dan Kakushin di album kompilasi pertama. Sementara di album kompilasi kedua, terdapat tembang baru bertajuk Q&A dan Utopia.

Uniknya, di masing-masing album yang terdiri dari dua keping CD itu, terdapat sebuah bonus DVD yang merupakan videoklip dari 27 single di dalam kompilasinya.
3 dari 7 halaman


2. Ikimonogakari

Trio asal Prefektur Kanagawa ini, sukses merilis sebuah album bertajuk I pada tahun ini. Penjualannya pun cukup kencang meski masih kalah dengan album kompilasi Baradon yang diluncurkan pada akhir tahun lalu.

Di dalam album ini, Ikimonogakari menyajikan single-single andalan yang dirilis sejak pertengahan 2012 hingga pertengahan 2013 seperti Haru Uta, Kaze ga Fuiteiru, 1 2 3 ~Koi ga Hajimaru~, dan Egao.

Uniknya, terdapat sebuah edisi terbatas album ini yang menyajikan sekeping DVD berisi wawancara di sebuah stasiun radio Jepang.
4 dari 7 halaman


3. Maximum the Hormone

Pecinta musik cadas Jepang tentunya mengenal band yang mengaduk unsur punk dan metal ini. Band yang drummer wanitanya baru melahirkan ini, sukses kembali setelah merilis album bertajuk Yoshu Fukushu pada 2013.

Album keenam Maximum the Hormone ini, dirilis enam tahun setelah peluncuran album sebelumnya, Bu-ikikaesu (2007). Hal inilah yang menyebabkan pendengar musik cadas haus dengan karya-karya terbaru mereka.

Uniknya, album ini dirilis setelah peluncuran maxi single Greatest the Hits 2011–2011, salah satu judul parodi untuk beberapa album kompilasi milik para musisi mainstream.
5 dari 7 halaman


4. Bump of Chicken

Seperti halnya B'z, tahun ini band rock Bump of Chicken juga merilis dua buah album kompilasi terbaiknya yang diberi judul Bump of Chicken I [1999-2004] dan Bump of Chicken II [2005-2010].

Di dalamnya, terdapat beberapa lagu unggulan yang pernah ditampilkan oleh band asal Prefektur Chiba ini baik itu single maupun lagu unggulan di beberapa album.

Kedua albumnya sukses mendapat tempat yang tinggi di tangga Oricon. Uniknya, terdapat lagu rahasia di setiap album, yaitu Faraway di kompilasi petama dan Lips di kompilasi kedua.
6 dari 7 halaman


5. One Ok Rock

One Ok Rock baru saja terjun ke Indonesia demi bisa memuaskan para pecinta musik tanah air. Sebelum kemari, mereka terlebih dahulu sukses berkat Jinsei x Boku.

Meski sudah berempat, namun One Ok Rock makin cadas dan lebih bermelodi dengan nomor-nomor seperti The Beginning, The Same As..., Deeper Deeper, Nothing Helps, dan Clock Strikes.

Selain itu, lewat album keenam ini, mereka juga menjadi lebih dikenal di kancah permusikan dunia. Terutama setelah keempat personelnya diajak bertemu langsung oleh Fall Out Boy.
7 dari 7 halaman


6. Sakanaction

Sakanaction memang tidak terlalu bergema di kalangan pecinta musik seluruh dunia. Namun tahun ini, mereka sukses meraih pendapatan tinggi melalui album yang judulnya sesuai nama mereka, Sakanaction.

Album keenam band yang lebih kental dengan nuansa new wave ini, memiliki lagu-lagu andalan seperti Music, Yoru no Odoriko, dan Boku to Hana.

Bahkan, melalui album yang satu ini, mereka berhasil berada di puncak Oricon untuk pertama kalinya setelah melancarkan debut album pada 2007 lalu.(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.