Sukses

Artis-artis yang Meninggal 2013 (I)

Tahun 2013 bukan saja diisi dengan kebahagiaan atas pernikahan, kelahiran dan pesta ulang tahun para selebriti. Airmata pun menjadi bagian dari tahun Ular Air. Berikut beberapa selebriti yang menghembuskan nafas terakhirnya 2013.

A. Rafiq
 
Pedangdut kawakan A. Rafiq meninggal dunia pada Sabtu (19/12/2013). Pria berdarah India-Pakistan ini tutup usia pada pukul 16.30 WIB di Rumah Sakit Medistra. Sebelum dimakamkan, jenazah A. Rafiq disemayamkan di rumah duka di Jalan Perindustrian No 53, Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Mertua Galih Ginandjar itu meninggalkan istri tercintanya, Asiyah, dan tiga orang anak, yaitu Fadila A Rafiq, Farhad A Rafiq, dan Fairuz A Rafiq, istri Galih.

Istri A. Rafiq, Aisyah menuturkan sang suami meninggal karena penyakit diabetes dan jantung yang memang sudah diidapnya sejak lama. 

Saat almarhum menghembuskan nafasnya yang terakhir, Fairuz berada di samping A Rafiq. Fairuz memang anak yang paling sering komunikasi sebelum A. Rafiq meninggal. Dan Fairuz berencana untuk mengeluarkan single bersama sang ayah. Namun apa daya, A Rafiq keburu meninggal dunia.

3 dari 8 halaman

Ramli
Perancang busana, Ramli yang memiliki nama lengkap Ramli Sarwi Gozali Kartowidjojo ini, menghembuskan nafas terakhir pada 23 Januari 2013 kira-kira pukul 7.00 pagi di RS Gading Pluit Jakarta.

Sejak 2009, Ramli divonis dokter menderita kanker usus stadium 4. Namun, ditengah penyakit kanker yang menggerogotinya, Ramli tetap berkarya. Pada 2011 lalu, ia menggelar pagelaran busana tunggal, 36 Tahun Ramli berkarya.

Sebelum meninggal, Ramli sudah berpesan pada sahabatnya, Mien Uno, agar sat dirinya tutup usia dia ingin ditutupi warna putih serta ditaburi bunga putih.

Ada dua keinginan Ramli semasa hidupnya yang belum sempat diwujudkannya yaitu ingin berangkat umrah. "Dia juga mau ke Belanda. Tapi belum sempat, dia sudah tidak ada," kenang Presiden Direktur Lembaga Pendidikan Duta Bangsa.

4 dari 8 halaman

Tata Dado
Tata Dado menghembuskan nafas terakhirnya di kediamannya lantaran sakit diabetes dan stroke yang dideritanya sejak 2011 lalu. Tato yang meninggal pada Senin (18/3/2013) pukul 16.30 WIB.

Pihak keluarga mengaku tak ada pesan terakhir yang ditinggalkan oleh komedian mulitalenta ini. Bahkan, menjelang ajalnya, Tata Dado tak memberi tanda-tanda keadaannya memburuk.

Hujan lebat mengiringi pemakaman Tata Dado di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (19/3) siang.

Suasana pemakaman penuh haru dan diikuti isak tangis dari keluarga maupun kerabat dekat almarhum. Tata Dado dikenal sebagai pribadi yang periang dan menyukai anak kecil. Semasa hidupnya Tata Dado dikenal perannya dalam serial komedi Lenong Rumpi.

Ricky Jo
Berita duka lainnya datang dari presenter bola, sekaligus penyanyi, Ricky Jo yang menghembuskan nafas terakhirnya pada Jumat, 22 Maret 2013 pukul 17.00 WIB.

5 dari 8 halaman

Sebelum meninggal, Ricky sempat dilarikan ke Rumah Sakit MMC, Kuningan, Jakarta karena serangan jantung yang dialaminya. Namun, pria kelahiran Jakarta, 25 September 1967, tak kuasa menahan sakit, Ricky Jo meninggal dunia.

Beberapa jam sebelum menutup matanya, Jo masih bisa beraktivitas seperti biasa. Bahkan, ia pun sempat berbagi kegiatan terakhirnya di akun twitter pribadinya.

Bukan itu saja, tiga jam sebelum kabar duka itu datang, Jo masih sempat BBM (BlackBerry Messanger) dengan sahabatnya Ibnu Jamil. Mereka bercanda-canda, maklum keduanya memang penggila bola.

6 dari 8 halaman

Ustad Jefry Al Buchori
Indonesia berduka saat salah satu ulama terbaik, ustad Jefry Al Buchori meninggal dunia akibat kecelakaan motor di Pondok Indah, Jakarta pada Jumat (26/4/2013) dini hari lalu.

Saat itu, Uje --sapaan akrab Ustad Jefry Al Buchori-- dalam perjalanan pulang ke rumahnya di kawasan Rempoa, Tangerang sehabis mengisi ceramah di kawasan Kemang, Jakarta.

Padahal, sang istri, Pipik Dian Irawati sempat melarang Uje untuk pergi lantaran kondisi kesehatan Ustad sedang tidak baik.

"Mbak Pipik sempat melarang Uje pergi. Bahkan, Mbak Pipik sempat berkali-kali telepon Uje untuk segera pulang. Ternyata, tahu-tahu dapat kabar Uje sudah ada di UGD Rumah Sakit Pondok Indah dalam keadaan tak bernyawa," kata Meisya Siregar.

7 dari 8 halaman

Ully Artha
Dunia perfilman Indonesia kehilangan artis senior Ully Artha. Setelah sebelumnya sempat dirawat di ICU RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, lantaran sakit komplikasi yang dideritanya, pada Minggu (16/6/2013), Ully menghembuskan nafas terakhirnya.

Ully Artha meninggal di usia 59 tahun. Sebelum meninggal, diakui salah satu keponakannya, Nabilla, Ully Artha masih sadar saat dibawa ke rumah sakit. Bahkan, ia sempat minta didoakan untuk keselamatannya.

"Mama Ully sadar kok. Dia bilang, "Doain mama ya". Sampai akhirnya mama koma hari Sabtu kemarin dan meninggal," ujar Nabilla waktu itu.

Ada satu rahasia yang baru terkuak saat pemain film Keluarga Markum ini telah tiada, yaitu ia sudah menikah dan menjadi seorang mualaf.

Deasy Arisandi
Penyanyi yang dikenal pada era 1970-an, Deasy Arisandi tutup usia. Pelantun Layu Sebelum Berkembang ini meninggal pada Minggu (30/6/2013) dalam usia 55 tahun.

8 dari 8 halaman

Berita duka ini cukup mengagetkan pihak keluarga Deasy. Kepergian yang mendadak tak pernah disangka sebelumnya. Selain tak memiliki rekam jejak penyakit kronis, kondisi Deasy juga sempat membaik.

Diakui oleh anaknya, Gita Dwi Ardimas, sang ibu memang sempat mengeluh sakit pada maagnya. Namun, Gita hanya menduga jika itu sakit biasa.

"Hari Jumat (28/6/2013) ibu sempat mengeluh sakit pada maagnya, terus juga pegal-pegal. Kami bawa ke rumah sakit, dan membaik saat itu," ujar Gita ketika dihubungi Liputan6.com melalui telepon, Senin (1/7/2013).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini