Sukses

Film <i>Sang Kiai</i> Menuju Piala Oscar

Film <i>Sang Kiai</i> akan mewakili Indonesia di ajang berkelas dunia, Piala Oscar.

Prestasi film Sang Kiai tak hanya didapat di dalam negeri. Setelah berhasil menggondol empat Piala Citra di Festival Film Indonesia (FFI) 2013 dan menyabet gelar Film Terbaik, film garapan sutradara Rako Prijanto itu akan kembali beraksi di festival film.

Bukan festival film biasa tentunya. Sebab, film Sang Kiai dipastikan mewakili Indonesia dalam perhelatan Piala Oscar bersama dengan film-film yang berasal dari 76 negara di seluruh penjuru dunia.

"Alhamdulillah ya, film Sang Kiai dipilih jadi wakil dari Indonesia. Jadi dari 76 negara hanya boleh kirim satu film. Dan Sang Kiai ini yang terpilih dari Indonesia," ucap aktor Agus Kuncoro saat ditemui disela-sela syukuran film Sang Kiai di Gedung Rapi Film, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2013).

Aktor yang memerankan tokoh KH. Wahid Hasyim dalam film tersebut tak menyangka jika Sang Kiai bisa terpilih mewakili Indonesia di ajang Piala Oscar.

"Masuk nominasi saja sudah wow, bagaimana kalau menang (Piala Oscar). Tapi untuk bicara menang, itu nanti saja. Yang pasti dengan terpilihnya film ini di ajang sekelas Piala Oscar adalah hal yang menyenangkan bagi saya dan tentunya film nasional," tutur Agus.

Di Piala Oscar, film 'Sang Kiai' terpilih mewakili Indonesia untuk kategori Film Luar Negeri.
‪
Seperti diketahui, Film Sang Kiai yang menceritakan tentang perjuangan tokoh pendiri Nahdlatul Ulama KH. Hasyim Asy'ari itu memperoleh empat Piala Citra untuk kategori Film Bioskop Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Pendukung Pria Terbaik, dan Penata Suara Terbaik dalam FFI 2013 yang digelar di Marina Convention Center, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (7/12/2013) lalu. (fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.