Sukses

5 Film Biografi Indonesia Terbaik Sepanjang 2013

Apa saja judul-judul film biografi berdasarakan kisah nyata di Indonesia sepanjang 2013 ini? Berikut deretannya.

Sepanjang 2013 ini, kita disuguhkan dengan beberapa judul film lokal yang dirasa mampu membuat para pecinta sinema tanah air mengantri untuk menontonnya.

Beberapa judul yang ada bahkan mengangkat kiprah para tokoh secara faktual, meski terdapat hal-hal yang tidak terlalu detail ditampilkan pada saat penayangannya di bioskop.

Namun, lewat keberanian para sutradaranya, film-film yang ada pun tersaji dengan cukup baik walaupun beberapa di antaranya menuai kontroversi akibat unsur-unsur yang dianggap kurang akurat.

Lalu, apa saja judul-judul film biografi berdasarakan kisah nyata di Indonesia? Berikut deretan yang telah kami rangkum sepanjang 2013 ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman


Jokowi

Film Jokowi berkisah mengenai rekam jejak mantan walikota Solo yang kini telah menjadi Gubernur DKI Jakarta mulai dari ia masih kecil hingga menjadi seorang pemimpin.

Mendapat pengarahan dari Azhar Kinoy Lubis, film ini turut menampilkan kisah asmara sang Gubernur DKI Jakarta yang menjabat sejak 2012 lalu itu dengan istrinya yang sekarang, Iriana.

Sosok Jokowi dalam film ini diperankan oleh Teuku Rifnu Wikana. Sementara yang bermain sebagai sosok istrinya adalah aktris cantik Prisia Nasution.

Awalnya, film ini diberi judul Cerita Kecil dari Solo, dan menggambarkan perjuangan Joko Widodo sejak masa kanak-kanak, hingga saat ia kehilangan ayahnya, bahkan sampai pada akhirnya Jokowi bisa tampil sebagai pemimpin kota Solo.

Namun, terdapat suatu masalah kecil terkait film ini. Saat itu, Jokowi sendiri merasa keberatan jika dirinya menjadi sosok yang difilmkan. Ia merasa belum pantas menjadi tokoh yang dijadikan film biografi.
3 dari 6 halaman


Soekarno: Indonesia Merdeka

Nama sutradara Hanung Bramantyo adalah sosok yang bertanggung jawab untuk membawa sang proklamator film layar lebar bertajuk Soekarno: Indonesia Merdeka.

Akan tetapi, film ini langsung menuai kontroversi di tanah air yang datang dari Rachmawati Soekarnoputri, putri kandung Soekarno terkait dengan keakuratan rekam jejak mantan presiden Indonesia pertama itu.

Kisah di dalam film ini mengangkat konflik rumah tangga sang Presiden Pertama Republik Indonesia bersamaan dengan datangnya tentara Jepang ke tanah air. Maka strategi cerdik pun datang dari sang Bapak Proklamator.

Aktor Ario Bayu mendapat kehormatan sebagai Soekarno. Ia ditemani beberapa nama bintang lain seperti Maudy Koesnaedi, Lukman Sardi, Tika Bravani, Ferry Salim, dan Tanta Ginting.
4 dari 6 halaman


Sang Kiai

Diarahkan oleh sutradara Rako Prijanto, Sang Kiai digadang-gadang sebagai film yang paling berpengaruh di tahun 2013 ini. Penilaian itu pun tidak salah, tatkala Sang Kiai  meraih gelar film terbaik dalam Festival Film Indonesia (FFI) 2013.

Selain itu, banyak pecinta film Indonesia yang langsung menyambut positif penayangan sang Kiai sejak pemutaran perdananya pada 30 Mei 2013 lalu ini.

Bertempat di Jawa Timur pada 1942, Sang Kiai mengetengahkan sosok KH Hasyim Asy'ari dan anak-anaknya yang melakukan perlawanan terhadap tentara Jepang.

Sang Kiai melibatkan nama bintang Ikranagara dan Dayat Simbaia. Film ini juga turut dimainkan oleh jajaran bintang-bintang top tanah air, sebut saja Adipati Dolken, Agus Kuncoro Adi, dan Christine Hakim.
5 dari 6 halaman


Laskar Pelangi 2: Edensor

Berasal dari biografi kehidupan kisah penulis fenomenal Andrea Hirata, Laskar Pelangi 2: Edensor juga menampilkan kemegahan kota Paris di negeri Perancis.

Meski baru tayang pada 24 Desember 2013 mendatang, namun film ini patut diperhitungkan karena kekuatan aktor Lukman Sardi dan Abimana Aryasatya dalam membawakan tokoh Ikal dan Arai.

Ikal dan Arai yang berhasil mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Sorbone Paris, akhirnya hidup bersama. Selama di Paris, Ikal pun terlibat konflik asmara dengan mahasiswi di kampusnya.

Akan tetapi, persahabatannya dengan Arai pun turut retak. Akhirnya, Ikal pun harus menjalaninya kehidupannya sambil mencari pemecahan atas masalah-masalahnya.
6 dari 6 halaman


Slank Nggak Ada Matinya

Grup musik Slank telah menjadi salah satu band senior dan bisa disejajarkan dengan musisi legendaris lainnya. Menyambut ulang tahun yang ke-30, kehidupan band rock ini pun diadaptasi ke dalam layar lebar.

Kisahnya sendiri mengenai kehidupan Slank sejak 1996 saat mereka melaksanakan tur untuk album Tujuh. Akan tetapi, banyak intrik yang dihadapi saat proses perjalanannya itu. Terutama ketergantungan Bimbim, Kaka, dan Ivan kepada narkoba.

Untuk film yang satu ini, Kaka, Bimbim, Ivan, Abdee, dan Ridho diperankan oleh aktor-aktor muda seperti Adipati Dolken, Ricky Harun, Aaron Shahab, Ajun Perwira, dan Deva Mahendra.

Beberapa artis ternama pun turut tampil dalam film ini, bahkan seluruh personel Slank terlihat sekilas di beberapa adegan. Namun, penayangan film ini baru dilaksanakan pada 24 Desember 2013 mendatang.(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini