Sukses

Ini yang dilakukan Rizman di Amerika

Rizman sukses menjadi wakil Indonesia untuk pergi ke luar angkasa.

Rizman sukses menjadi wakil Indonesia untuk pergi ke luar angkasa. Padahal, di Global Space Camp yang dilakukan di Amerika Serikat para peserta telah bersaing dan benar-benar digembleng.

Karantina juga membuat para peserta bisa berkonsentrasi. Dalam kawasan karantina itu, juga terdapat kantor NASA, agensi pemerintah Amerika Serikat yang berkecimpung dalam eksplorasi luar angkasa. Sebelumnya para peserta juga sudah diberikan briefing yang lengkap.


 
Dalam pelatihan itu, Rizman dan perwakilan Indonesia lainnya telah berpartisipasi dalam 3 misi pelatihan untuk membuktikan kelayakan mereka terbang ke luar angkasa. Misi pertama adalah mengikuti Air Combat, yaitu menaiki pesawat tempur dengan berbagai manuver pesawat tempur yang menukik tajam.   
 

 
Pelatihan selanjutnya, para calon astronot kita tidak hanya menjalani uji ketahanan di simulator G-Force, namun juga berkeliling Kennedy Space Center dan melihat perjalanan sejarah para astronot dunia. Pelatihan Global Space Camp - Axe Apollo Space Academy ditutup dengan rangkaian tes aptitude/bakat dan sesi merakit miniatur roket


Sebuah panel yang terdiri dari para ahli luar angkasa akan memilih para kontestan yang layak untuk melakukan perjalanan luar angkasa.
 


Menjadi seorang yang akan pergi ke luar angkasa atau astronot tidaklah mudah. Dibutuhkan fisik yang kuat dalam menjalani aktivitas yang tidak biasa ini. Apalagi, mereka akan merasakan kondisi gravitasi ekstrim dan gravitasi nol. Ada pula tes tertulis dan uji kesehatan.

Peserta juga diberi gambaran tentang eksplorasi angkasa luar dengan film Apollo 13. Di akhir pemutaran film, seorang astronot resmi NASA akan memberikan pidato inspirasional tentang penjelajahan luar angkasa; bahwa keberanian dan kerjasama tim yang baik membawa kesuksesan dalam setiap perjalanan luar angkasa.(Adt/Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.