Sukses

'Mereka yang Melampaui Waktu', Film Untuk Para Perokok

Film ini mengangkat narasi orang-orang di nusantara yang panjang umur karena merokok, pecandu kopi dan tetap segar bugar di usia tua.

Gencarnya kampanye anti rokok bakal mendapat perlawanan. Perlawanan itu dilakukan dalam bentuk sebuah film yang berjudul 'Mereka yang Melampaui Waktu'. Film ini dibesut oleh sutradara Darwin Nugraha.

Film ini mengangkat narasi orang-orang di nusantara yang panjang umur karena merokok, pecandu kopi dan tetap segar bugar di usia tua. Mereka, bahkan masih bisa mencangkul, membajak sawah, memanen tembakau dan kegiatan produktif lainnya.

"Ini oleh-oleh saja dari saya. Saya ingin mengatakan bahwa ada lho yang berbeda bahkan cenderung melawan kampanye besar yang arusnya deras. Ada lho orang-orang merokok dan sehat sampai tua," kata Darwin saat diskusi di Kampus UIN Jakarta, Jumat (10/1/2014).

Selain itu, Darwin juga mengaku, film ini berangkat dari kegelisahannya: kenapa hanya merokok yang dikampanyekan untuk dilawan secara besar-besaran. Kenapa pestisida malah dianjurkan? Lalu juga bagaimana minuman energi tidak dilarang dan kampanye anti minuman keras tidak semassif anti-rokok?

Dalam film 'Mereka yang Melampaui Batas', ditampilkan orang-orang lanjut usia yang tidak percaya pada institusi kesehatan modern. Dengan
demikian, mereka tidak terpengaruh kampanye anti-rokok. Mereka tetap merokok, dan ngopi. "Jika sakit, mereka berobat dengan apa yang telah disediakan alam, dengan resep yang dipercaya turun-temurun. Mereka menghayati kecerdasan lokal mereka," pungkas Darwin.(Adt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini