Sukses

Billy Bragg-Tom Morello Beri Penghormatan untuk Pete Seeger

Tom Morello berikan penghormatan kepada Pete Seeger dengan mengunggah sebuah link dari situs resmi Seeger di akun twitternya.

Kepergian musisi folk legendaris, Pete Seeger untuk selamanya telah mengundang sejumlah musisi senior untuk memberikan penghormatan kepadanya, seperti musisi Billy Bragg dan Tom Morello.

Seperti yang dilansir dari NME belum lama ini, Billy Bragg dan gitaris Rage Against The Machine, Tom Morello mengungkapkan rasa hormatnya kepada musisi folk legendaris Amerika, Pete Seeger, yang baru saja menghembuskan nafas terakhirnya pada Senin lalu di usia 94 tahun.

Kedua musisi yang juga dikenal sebagai aktivis yang berjuang lewat musik perlawanan itu mengapresiasi pengaruh politik dari perjalanan hidup Seeger lewat akun twitter pribadi masing-masing.

Lewat akun Twitternya Bragg menulis, “Peter Seeger menjulang tinggi di kancah folk seperti ‘redwood’ besar selama 75 tahun.”

“Ia berkelana dengan Woody Guthrie pada 1940-an, berjuang untuk Joe Mc Carthy tahun 1950-an, berbaris bersama Dr Martin Luther King di 1960-an. Lagu-lagunya akan dinyanyikan dimanapun orang-orang berjuang mempertahankan hak-haknya. ‘We shall overcome’,” kicau Bragg.

Sementara itu, Morello mengungkapkan rasa hormatnya kepada Pete Seeger dengan mengunggah sebuah link dari situs resmi Seeger disertai tulisan “Kesaksian tanpa kompromi dari Seeger di hadapan The House of Un-American Activities Committee.”

Umur yang telah lanjut akhirnya menutup hidup Pete Seeger di rumah sakit New York. Sepenjang hidupnya, Seeger tak jenuh untuk menyebarluaskan musik folk dan ideologi politiknya kepada masyarakat Amerika, mulai dari panggung besar hingga panggung universitas kecil.

Ia pun berhasil menjelma menjadi figur penting pada sejumlah peristiwa politik, mulai dari penolakan penggunaan nuklir hingga gerakan Occupy Wall Street pada 2011.

Lagu We Shall Overcome ciptaannya menjadi salah satu lagu perlawanan yang bersejarah dan pengaruhnya terus berkembang puluhan tahun berikutnya hingga pada 1996 Seeger dilantik masuk ke Rock and Roll Hall of Fame. (Ars)


Baca juga:

Musisi Folk Legendaris, Pete Seeger Tutup Usia Diumur 94 Tahun
Lindungi Karya, Prince Ajukan Gugatan Miliaran Rupiah
Album Baru, Ariana Grande Gandeng Vokalis One Republic



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.