Sukses

Bruce Dern, Aktor Senja yang Mendambakan Piala Oscar 2014

Bruce Dern yang memasuki jajaran nominasi Academy Award ke-86 berkat Nebraska itu, sudah sangat berpengalaman di dunia akting.

Nama Bruce Dern di jajaran nominasi Academy Award ke-86, mungkin tidak secemerlang dan penampilannya tidak sebugar aktor-aktor nominasi lainnya yang masih muda. Akan tetapi, pria yang memiliki peluang untuk meraih piala Oscar pertama kali dengan film Nebraska itu, sudah sangat berpengalaman di dunia akting.

Mantan suami aktris Diane Ladd itu sudah malang melintang di dunia perfilman Hollywood sejak 1960an. Pertama kali merasakan kancah di dunia akting layar lebar, Bruce muncul dalam film Wild River dengan berperan sebagai tokoh tanpa nama.

Perannya pun terus berlanjut di beberapa serial televisi seperti Route 66, Naked City, serta Sea Hunt. Berkat keterlibatannya dalam serial televisi The Alfred Hitchcock Hour sejak 1962, Bruce pun tampil di film layar lebar fenomenal berjenis thriller psikologis karya Alfred Hitchcock berjudul Marnie pada 1964.

Keunikan Bruce Dern dalam berakting muncul saat ia memerankan berbagai macam tokoh yang berbeda di beberapa serial televisi seperti 12 O'Clock High, The Fugitive, hingga The Big Valley.

Bruce juga terkenal akan perannya sebagai tokoh antagonis di beberapa film. Karakter jahat yang dimainkan oleh Bruce biasanya tergolong unik, karena selalu memiliki sifat yang tidak stabil. Sebut saja perannya dalam film seperti Hang 'Em High, The Cowboys, dan Black Sunday.

Pada 1974, Bruce Dern terlibat dalam film adaptasi novel bertajuk The Great Gatsby sebagai tokoh bernama Tom Buchanan. Belakangan, tokohnya itu dimainkan oleh Joel Edgerton dalam film versi baru arahan Baz Luhrmann yang rilis 2013 lalu.

Aktor kelahiran 1936 silam ini juga menjadi salah satu bintang kehormatan di film terakhir arahan Alfred Hitchcock bertajuk Family Plot bersama Barbara Harris, Karen Black, dan William Devane sebelum kondisi sang sutradara memburuk hingga wafat pada 1980.

Selain itu, Bruce juga sempat menunjukkan kepiawaiannya dalam film-film indie seperti The Astronaut Farmer dan Monster. Serial Big Love juga sempat menghiasi kariernya di layar kaca. Judul-judul film yang menemani usia senjanya belakangan ini adalah Inside Out, Django Unchained, dan Fighting for Freedom.

Berkat Nebraska, Bruce Dern kini terpilih sebagai nominator untuk kategori Best Actor di Oscar 2014. Nominasi di ajang Academy Award itu juga pernah diraihnya dalam film Coming Home yang rilis pada 1978 sebagai Best Supporting Actor. Sayang, kala itu ia gagal memenangkannya Sehingga, tahun ini menjadi kesempatannya yang kedua.

Dalam Oscar 2014, Bruce akan bersaing dengan Christian Bale (American Hustle), Leonardo DiCaprio (The Wolf of Wall Street), Chiwetel Ejiofor (12 Years a Slave), dan Matthew McConaughey (Dallas Buyers Club).

Setelah 36 tahun menanti, Bruce Dern kini sangat mendambakan Piala Oscar dengan menyingkirkan para saingannya yang masih berusia muda. Bisa jadi, Nebraska akan menjadi film terakhirnya dalam hal meraih nominasi Academy Award. Melihat kredibilitas dan pujian terhadap Nebraska, Bruce Dern berpotensi besar untuk meraih piala Oscar dengan mengandalkan film arahan Alexander Payne itu.

Bruce Dern memiliki seorang putri yang juga terjun ke dunia film, yaitu Laura Dern. Seperti ayahnya, Laura juga sempat beberapa kali diganjar penghargaan termasuk nominasi Oscar.(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.