Sukses

Coboy Junior Boyband Cilik yang Nyanyikan Lagu Cinta

"Kami sengaja memasang lagu cinta-cintaan untuk Coboy Junior. Lirik cinta lagu anak menjadi penarik perhatian publik," kata Patrick.

Setelah sempat vakum musisi cilik, musik Indonesia kembali diisi dengan kemunculan beberapa boyband dan girlband cilik. Boyband dan girlband cilik wara-wiri menghiasi acara musik televisi. Sebut saja Coboy Junior, Lollipop, Superseven dan Swittin.

Kemunculan para penyanyi bocah ini seakan menjawab ke mana saja para penghibur cilik selama ini. Dara dan jejaka kecil ini memberi tawaran berbeda. Lirik dan musiknya pun tak belaka masalah anak.

Pada 23 Juli 2011, Patrick Effendy mengumpulkan empat bocah jebolan Musikal Laskar Pelangi.  Mereka adalah Alvaro Maldini Siregar (Aldi), Bastian Bintang Simbolong (Bastian), Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan (Iqbaal) dan Teuku Rizky Muhammad (Rizky).  "Saya audisi tertutup," kata Patrick.



Patrick pun mencetuskan kelompok boyband, Coboy Junior. Ini sebenarnya bukan proyek pertama Patrick, Ia sempat membuat Superkids, kelompok musisi berisi anak-anak. Superkids ini terdiri dari anak-anak yang bermain musik layaknya grup musik lengkap.

Para personel Coboy Junior memang bukanlah bocah sembarangan. Rizky adalah juara satu ajang adu suara di Akademi Fantasi Indonesia Junior. Bastian dan Aldi finalis Idola Cilik. Adapun Iqbaal, sudah dikenal Patrick sebagai model cilik.  Dengan gemblengan latihan untuk tampil di Musikal Laskar Pelangi, kualitas mereka tak diragukan. "Mereka itu sudah separuh jadi," katanya.

Namun kelompok Coboy Junior memiliki rasa yang berbeda. Patrick menjadikannya sebagai boyband yang lengkap dengan koreografi dan fashion. Patrick tertarik melihat fenomena Boyband yang lagi marak. Sementara pangsa remaja tanggung dan anak-anak masih kosong. "Saya ingin buat yang berkualitas, tak sekedar tampang tapi juga segi suara," ujar mantan personel boyband Coboy ini.



Pun lagu-lagu yang dinyanyikan Coboy Junior tak hanya lagu anak-anak, melainkan lagu-lagu yang bercerita soal cinta yang biasa dinyanyikan anak-anak muda. Sang pendiri pun mengaku lagu-lagu cinta tersebut memang sudah merupakan apa adanya di masyarakat.

"Kami sengaja memasang lagu cinta-cintaan untuk Coboy Junior. Lirik cinta lagu anak menjadi penarik perhatian publik, sekaligus menggambarkan kondisi anak-anak sekarang yang matang sebelum waktunya," kata Patrick.

Salah satu personel Coboy Junior, Teuku Rizky Muhammad, mengaku sering ditanya alasan kenapa Coboy Junior sering membawakan lagu berlirik cinta-cintaan. "Kami sering dapat pertanyaan kenapa bawain lagu cinta-cintaan, berhubungan dengan suka sama perempuan, padahal belum umurnya, " kata Rizky.



Di antara empat personel Coboy Junior, Rizky adalah yang tertua dengan usia 16 tahun. Tiga lainnya, ada Iqbaal, 15, Bastian 15 dan Aldi, 15. Semuanya masih pelajar Sekolah Menengah Pertama.

Rizky menjelaskan, lirik mereka memang mencerminkan kondisi remaja tanggung saat ini. "Kalau menurut aku sih, umur 12-13 tahun itu kan waktunya suka sama orang," katanya. Jadi, selama liriknya tidak mengeksplor terlalu luas tentang romantika percintaan, tidak apa-apa. "Kalau cuma suka ya nggak apa-apa," kata pemain film di Lima Elang ini.

Patrick memang sengaja memasang lagu cinta-cintan untuk boyband besutannya itu. "Lagu cinta itu hook buat attention," katanya.



Ia sengaja tak mau masuk pasar anak-anak. Sebab, memang anak-anak saat ini sudah banyak dijejali lagu dewasa. "Saya ingin menunjukkan bahwa masa pra-teen saat ini dengan lifestyle dan teknologi yang ada, anak-anak sudah mulai suka-sukan," ujarnya.

Patrick berharap orang tua tidak menutup mata dengan situasi yang ada. Memang banyak pro dan kontra dengan pemilihan single awal Coboy Junior. Tapi, Ia berkukuh, dengan menyadarkan para orang tua kondisi yang ada, mereka akan lebih siap menghadapi anak-anak.

Selain itu, trik lagu cinta dianggap berhasil, sebab Coboy mudah diterima masyarakat, baik anak-anak maupun dewasa. Untuk album baru yang akan diluncurkan 26 Januari 2013, Coboy Junior memberikan kejutan dalam sejumlah lirik dan lagunya.(Adt)

Kisah sebelumnya:
Coboy Junior Dibentuk dari Audisi Untuk Teruskan Coboy Band (1)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.