Sukses

Manga Bertema Catur Jepang Menang di Tezuka Osamu Prizes

Kisah dalam manga March Comes in Like a Lion berpusat pada pemain shogi (catur Jepang) soliter bernama Rei.

Liputan6.com, Tokyo, Jepang Manga Sangatsu no Raion (March Comes in Like a Lion) baru saja memenangkan ajang penghargaan Tezuka Osamu Prizes ke-18. Manga karya Chica Umino itu, sukses memenangkan kategori Grand Prize yang merupakan penghargaan tertinggi.

Kisah dalam manga March Comes in Like a Lion berpusat pada pemain shogi (catur Jepang) soliter bernama Rei serta hubungannya dengan keluarga Kawamoto yang merupakan tetangganya. Pada keluarga tersebut, terdapat wanita muda bernama Akari serta dua gadis muda bernama Hinata dan Momo. Ketiganya memelihara banyak kucing di rumahnya.

Selain itu, beberapa penulis beserta karya-karyanya turut sukses memenangkan piala untuk berbagai kategori di ajang penghargaan ini. Tampak beberapa judul yang tidak terlalu familiar memenangkan ajang bergengsi ini.

Untuk kategori New Birth Prize alias pendatang baru, dimenangkan oleh pengarang Machiko Kyo berkat Mitsuami no Kami-sama. Lalu Kategori Short Work Prize diraih oleh Yuki Shikawa berkat Onnoji.

Diberikan juga kategori Special Prize kepada Fujiko Fujio A (Motoo Abiko) untuk karyanya yang berjudul Manga Michi dan Ai…Shirisomeshi Kei ni yang baru rampung tahun lalu. Khusus kategori Reader Prize, manga Space Brothers karya Chuya Koyama didaulat sebagai pemenangnya.

Kabarnya 1 juta yen (sekitar 111 juta) diberikan oleh setiap pemenang kategori New Artist Prize, Short Work Prize, dan Special Prize setiap tahunnya. Acara resmi penghargaan ini akan digelar pada 30 Mei 2014.

Novelis Atsuko Asano, pengarang manga Keiko Takemiya, pengarang manga Go Nagai, editor manga Haruyuki Nakano, dan profesor Universitas Kyoto Seika Jaqueline Berndt didaulat sebagai jurinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini