Sukses

Tapa di Goa, Roro Fitria Bertemu Nyi Roro Kidul

Setelah 3 malam bertapa, akhirnya Roro Fitria Bertemu Nyi Roro Kidul.

Liputan6.com, Jakarta Ini bukan kisah film. Ini benar-benar terjadi, Roro Fitria bertemu dengan Ratu Pantai Selatan atau yang biasa disebut Nyi Roro Kidul.

Pertemuan Roro Fitria dengan Nyi Roro Kidul terjadi baru-baru ini di Goa Penepen yang terletak di pinggir Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Roro Fitria yang tampil sebagai Neng Geulis, penari Jaipongan di acara Sedap Malam yang pernah tayang di RCTI ini, memang sengaja bertapa di Goa Penepen pada 29-31 Maret 2014 lalu. "Saya bertapa selama 3 malam di sana. Di malam ketiga saya benar-benar bertemu Ibu Ratu (Nyi Roro Kidul)," kata Roro Fitria saat dihubungi via Blackberry Messenger (BBM), pada Jumat (4/4/2014).

Roro Fitria hanya seorang diri di dalam goa. Dia melakukan pertapaannya hanya di malam hari. "Saya baru mulai bertapa sekitar pukul 8 malam, selesainya hingga dini hari. Saya lakukan selama 3 malam," ungkap Roro.

Saat Nyi Roro Kidul datang, Roro tidak takut sama sekali. "Saya justru menunggu moment ini sejak lama. Saya sering bertapa, tapi baru kali ini saya benar-benar bertemu Nyi Roro Kidul," kata Roro Fitria senang.

Roro Fitria yang lahir di Yogyakarta, 29 Desember 1987 ini, memang kerap melakukan ritual Kejawen. "Sejak kecil saya diajarkan budaya Jawa yang sangat kental oleh keluargaku," papar Roro.

"Beliau (Nyi Roro Kidul) rawuh (hadir) sesaat setelah saya bertapa sembari menghaturkan sesaji bunga setaman, dupa dan wewangian," jelas Roro Fitria.

Goa Penepen, tempat Roro Fitria bertapa termasuk medan yang cukup sulit di tempuh. "Tempatnya terjal, sehingga cukup sulit dijangkau. Di samping itu dalamnya sangat lembab dan berair, licin, gelap pekat dan tempat saya bertapa relatif sempit," ungkap Roro Fitria.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.