Sukses

Band Ska Jepang Kolaborasi Bareng Asian Kung-Fu Generation

Tokyo Ska Paradise Orchestra melakukan proyek kolaborasi ketiganya dalam tahun ini.

Liputan6.com, Tokyo Tokyo Ska Paradise Orchestra yang dikenal sebagai band senior Jepang beraliran ska dengan jumlah sembilan orang personel veteran, baru saja mengajak grup rock Asian Kung-Fu Generation untuk berkolaborasi.

Dilansir dari Natalie melalui Tokyo Hive, baru-baru ini, kedua belah pihak bakal merilis sebuah single baru bertajuk Wake Up! pada 2 Juli 2014 mendatang.

Proyek ini menjadi yang ketiga bagi grup ska ini dalam hal berkolaborasi dengan musisi rock Jepang pada tahun ini. Mereka menggarap proyek tersebut dalam rangka merayakan 25 tahun sejak pertama kali berkarya.

Dalam proyek bertajuk Band Collaboration Trilogy itu, Tokyo Ska Paradise Orchestra sebelumnya sempat mengajak band 10-Feet yang disusul kemudian dengan Mongol800. Seluruh proyek tersebut diproduseri oleh musisi Seiji Kameda.

Lagu `Wake Up!` sendiri ditulis secara kolaboratif oleh personel Tokyo Ska Paradise Orchestra dan Asian Kung-Fu Generation. Kato Ryu (gitar) bertindak sebagai komposer, lalu Yanaka Atsushi (saksofon bariton) dan Masafumi Goto selaku vokalis Asian Kung-Fu Generation kebagian menulis lagunya.



Di dalam CD single Wake Up! juga terdapat cover lagu milik Nat Adderley berjudul Work Song dan I Want To Be A Star Which Twinkles Only For You yang dikomposisi oleh Oki Yuichi (Keyboard).

Biasa disingkat dengan Skapara atau TSPO, Tokyo Ska Paradise Orchestra yang beraliran ska dan jazz, dibentuk secara resmi di Tokyo pada 1988 oleh pemain perkusi Asa-Chang hingga personelnya berisi 10 orang musisi underground. Rekaman perdana mereka pada 1989 lalu diberi judul sama seperti grupnya, Tokyo Ska Paradise Orchestra di bawah bendera Kokusai Records dengan format Vinyl 12 inchi.



Setelah ditinggal oleh Asa-Chang, kini Skapara terdiri dari Nargo (terompet), Masahiko Kitahara (trombon), Gamou (saksofon), Atsushi Yanaka (saksofon bariton), Yuichi Oki (keyboard), Takashi Kato (gitar), Tsuyoshi Kawakami (bass), Hajime Ohmori (perkusi), dan Kin-ichi Motegi (drum).

Selama berkarier, Skapara telah berkolaborasi dengan berbagai penyanyi maupun grup vokal di luar band seperti Shiina Ringo, Akira Kobayashi, Kyoko Koizumi, Schadaraparr, PUFFY, Yoshie Nakano, dan Tamio Okuda.(Rul/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini