Sukses

Film Drama Remaja Ini Gusur Tom Cruise

Hasil box office itu menunjukkan sebuah perubahan tren penonton film Amerika.

Liputan6.com, Los Angeles Minggir Tom Cruise. Berilah jalan bagi film remaja mengharu biru yang bujetnya hanya USD 12 juta atau Rp 141 miliar (sangat kecil bila dibanding film terbaru Cruise, Edge of Tomorrow yang bujetnya USD 175 juta atau sekitar Rp 2 triliun!).

Di dunia persilatan box office Amerika terjadi duel antara penonton remaja dan orangtua, cewek lawan cowok, film drama sederhana lawan film action berbujet besar penuh efek khusus dahsyat. Hasilnya, film romantis drama remaja The Fault in Our Stars (TFIOS) menang telak atas `Edge of Tomorrow`.

Dilaporkan Associated Press, Minggu (8/6/2014), dengan perolehan di pekan pertama USD 48,2 juta atau setara Rp 569,9 miliar menenggelamkan film Cruise yang hanya sanggup mengumpulkan setengahnya dari daratan Amerika di minggu pertama: USD 29,1 juta atau setara Rp 344,1 miliar.

Next page: Perubahan Tren

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perubahan Tren

Perubahan Tren

Hasil itu menunjukkan sebuah perubahan tren penonton film Amerika. Film penuh aksi dan efek khusus dengan bujet besar yang dibintangi bintang besar seperti Cruise biasanya langsung merajai box office. Namun, kini film macam begitu bisa takluk oleh film kecil yang ditujukan utamanya bagi penonton cewek.

Laman Entertainment Weekly, Minggu, mewartakan data lebih lengkap penonton TFIOS. Dikatakannya, sebanyak 82 persen penonton film tersebut adalah cewek. Angka ini bahkan lebih besar dari penonton The Twilight Saga yang mampu mengumpulkan 75 persen penonton cewek di minggu pertama.

Selain itu, Cruise juga masih kalah oleh film Angelina Jolie, Maleficent yang di minggu kedua berhasil bertengger di posisi kedua dengan pendapatan USD 33,5 juta atau setara Rp 396 miliar.

Dengan sangat terpaksa film baru Cruise harus puas berada di posisi tiga di minggu pertama peredaran di Amerika. Meski begitu, Cruise masih bisa sedikit tersenyum. Dari peredaran internasional, `Edge of Tomorrow` masih jadi nomor satu mengumpulkan USD 82 juta atau setara Rp 969,6 miliar.(Ade/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.