Sukses

5 Film Terbaik Robin Williams

Setiap generasi memiliki kenangan dan punya film favorit Robin Williams masing-masing. Ini pilihan kami.

Liputan6.com, Jakarta Robin Williams, aktor dan komedian kesayangan banyak orang, meninggal dunia, Senin (11/8/2014) waktu setempat di usia 63 tahun. Ia meninggal diduga bunuh diri.

Akan banyak hal masih akan dibahas soal penyebab kematian sang aktor. Otopsinya belum dilakukan. Pemakamannya juga belum dilangsungkan.

Tulisan ini hendak melihat lagi karier Robin Williams yang panjang. Hingga kematiannya, Williams totalnya sudah ikut serta berakting di 102 judul film dan serial televisi--mengutip profilnya di laman imdb.

Williams banyak berakting di film-film layar lebar yang kini layak disebut klasik. Mengutip apa yang dikatakan Presiden Barack Obama saat mengucapkan kata

duka, Robin Williams adalah seorang penyiar radio tentara, seorang dokter, seorang jin, seorang pengasuh, seorang presiden, Peter Pan ketika dewasa, dan banyak lagi.

Setiap generasi memiliki kenangan dan punya film favorit Robin Williams masing-masing. [baca: Mengenang Robin Williams, Kenapa Kita Sangat Kehilangan?]

Diberi kesempatan memilih lima film terbaiknya, inilah pilihan kami.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Mrs. Doubtfire

1. Mrs. Doubtfire (1993)

Film ini adalah puncak karier Robin Williams. Banyak orang paling mengenang perannya di sini. Di film arahan Chris Colombus ini, Williams menjadi seorang ayah yang rindu untuk bersatu dengan anaknya. Caranya dengan mengubah wajah serta dandanannya jadi perempuan tua. Dengan menyamar sebagai Nyonya Doubtfire sang pengasuh, dia bisa dekat lagi dengan keluarganya. Film keluarga ini begitu menyentuh sekaligus kocak karena akting hebat Robin Williams.

3 dari 6 halaman

2. Dead Poets Society

2. Dead Poets Society (1989)

Lewat film ini, Robin Williams hendak membuktikan bahwa sejatinya dia adalah seorang Aktor dengan A besar (Williams sekolah akting di Julliard School yang prestisius dengan beasiswa penuh).

Di Dead Poets Society, Williams memerankan profesor pengajar sastra di sekolah elit berasrama. Di sana, ia menularkan kecintaan terhadap puisi pada murid-muridnya serta mempraktekkan cara mengajar yang unik (naik ke atas meja, merobek buku teks). Di film ini, Williams harus berbagi layar dengan aktor-aktor muda lain yang juga berakting bagus, namun ia membuktikan tak kalah bersinar.

4 dari 6 halaman

3. Good Will Hunting

3. Good Will Hunting (1998)

Film ini sepertinya menjadi pengakuan dari insan film Hollywood bagi Robin Williams. Lewat film ini, Williams meraih Piala Oscar untuk Aktor Pendukung Terbaik. Akting Williams bersinar di film ini sebagai seorang profesor psikologi yang diminta jadi psikolog bagi seorang jenius matematika karyawan kebersihan perguruan tinggi MIT yang diperankan Matt Damon.

Hubungan antara psikolog dan pasiennya yang punya masalah kepribadian itu banyak mengungkap sisi tersembunyi masing-masing karakter. Sukses film ini membuka jalan bagi Damon serta kian menegaskan Williams sebagai aktor serius.

5 dari 6 halaman

4. Good Morning Vietnam

4. Good Morning Vietnam (1987)

Jika Tom Cruise punya Top Gun, Brad Pitt punya Legends of the Fall, maka Robin Williams punya momentumnya lewat Good Morning Vietnam. Di film ini, Williams berperan sebagai penyiar yang bertugas di radio tentara di Vietnam. Peran sebagai penyiar radio tak biasa ini dimainkan dengan bagus oleh Williams, dan rasanya memang hanya pas dimainkan olehnya seorang.

6 dari 6 halaman

5. Aladdin

5. Aladdin (1992)

Seperti Anda tahu, Aladdin adalah film animasi bukan film live-action. Sesungguhnya, Robin Williams hanya berperan sebagai pengisi suara jin. Namun, yang terjadi kemudian, bagi sesiapa yang menontonnya, akan yakin bahwa karakter jin di film itu adalah perwujudan dari sosok Williams.

Meski muncul dalam wujud gambar jin warna biru, kita langsung tahu kalau sosok di balik makhluk itu adalah Robin Williams. Lewat jin di Aladdin, ia memberi standar tinggi bagi seorang pengisi suara.(Ade/Feb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini