Sukses

Dicari! Band Indie Penerus Jejak Gugun Blues Shelter

Gugun Blues Shelter merupakan band Indie yang sukses hingga saat ini.

Liputan6.com, Jakarta Bermunculannya band-band Indie mulai dilirik oleh pemerintah. Apalagi keberadaan komunitas pecinta musik indie sangat penting bagi eksistensi musisi-musisi indie. Selain menikmati hasil karya musisi indie, peran komunitas pecinta musik indie juga mendukung pertumbuhan indsutri kreatif penopang musisi indie, seperti keberadaan distro-distro sebagai selling point dari eksistensi musisi indie.

Jakarta sebagai kota metropolis yang terkenal sebagai melting pot bagi seni budaya nasional maupun internasional mulai dikenal sebagai kota music indie selain Bandung, Jogja, maupun Surabaya sejak lama.  Potensi eksistensi musisi dan komunitas pecinta musik indie apabila didukung oleh pemerintah tentunya akan mendorong pertumbuhan industri kreatif di bidang musik maupun souvenir/merchandise.  

Oleh karena itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bermaksud memprakarsai kegiatan Jakarta Indie Music Festival (JIM-FEST) dengan tujuan memberikan wadah bagi kreativitas musisi Indie di Indonesia, khususnya Jakarta.

"Kegiatan JIM-FEST merupakan prakarsa dari Disparbud sebagai dukungan pemerintah dalam mengembangkan potensi musik indie di Jakarta, kegiatan ini diharapkan dapat dilaksanakan setiap tahunnya dan dalam 2 hingga 3 tahun mendatang, diharapkan penyelenggara sanggup melaksanakan kegiatan ini secara mandiri," ujar PLH Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Disparbud Provinsi DKI Jakarta Bapak Drs. Rus Suharto, M.Si dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Jumat (26/9/2014).

"Pada dasarnya seluruh lapisan kesenian perlu difasilitasi dan diberdayakan. Dalam hal ini, komunitas indie diberi kesempatan untuk berprestasi karena kami melihat ada usaha dari komunitas ini untuk membangkitkan ekonomi kreatif," tambahnya.

Bagi pemilik band Indie cukup mendaftarkan dalam kegiatan JIM-FEST dengan memberikan CD berisi minimal 2 lagu karya original peserta, mengisi formulir pendaftaran, dan melampirkan profil band/music peserta serta link social media dan video youtube yang berisi penampilan peserta yang mendaftar ke Gedung Gondangdia Lama, Lt. 5 unit #7, Jl. R.P. Soeroso, menteng, Jakarta Pusat.
Pendaftaran selambat-lambatnya tanggal 7 Oktober 2014. Proses seleksi dilaksanakan untuk memilih 20 Peserta Finalis yang berhak tampil pada pergelaran Konser JIM-FEST.  Tim Seleksi yang telah ditunjuk untuk event ini adalah para pelaku industri musik Indie di Indonesia yang sudah beberapa tahun ini memberikan andil yang cukup besar terhadap perkembangan musik indie, diantaranya adalah : Puji Adi Andaya, David Karto, Sam alatas, dan Aldo Sianturi serta terdapat juga beberapa artis maupun Media yang selama ini mendukung gerakan indie musik di Indonesia.

Press Conference untuk mempublikasikan kegiatan ini kepada masyarakat luas akan dilaksanakan pada hari Kamis, 9 Oktober 2014. Sedangkan technical meeting akan dilaksanakan pada hari Rabu, 15 Oktober 2014. Pergelaran Konser Jakarta Indie Music Festival sendiri akan diselenggarkan pada tanggal 18 s.d. 19 Oktober 2014 dan akan mengusung artis-artis ternama yang sudah mendulang sukses luar biasa pada jalur indie musik ini, seperti Gugun Blues Shelter, Tony Q Rastafara, Endah N Rhesa, dll. Selain itu untuk memeriahkan Pergelaran konser JIM-FEST, penyelenggara juga akan menghadirkan bazaar merchandise khas indie.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.