Sukses

Ayu Diah Pasha Berharap dari Putra-Putri Batik 2014

Ayu Diah Pasha ikut memprakarsai ajang pemilihan Putra dan Putri Batik Nusantara.

Liputan6.com, Jakarta Demi melestarikan keberadaan batik, artis Ayu Diah Pasha ikut memprakarsai ajang pemilihan Putra dan Putri Batik Nusantara. Di ajang yang sudah diselenggarakan di tahun ke-4 ini menghadirkan beberapa perwakilan dari beberapa kota besar di Indonesia.

"Dari audisi di 18 kota besar, kami berhasil mendapa 67 finalis dan disaring melalui psikotes dan wawancara, dan juga penampilan dalam hal keterampilan kesenian. Dari situ berhasil didapatkan 28 finalis," ujar Ayu saat ditemui di jumpa pers pemilihan Putra Putri Batik Nusantara 2014 di Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jakarta Pusat, Minggu (28/9/2014).

Ayu yang juga Ketua Ikatan Pecinta Batik Nusantara (IPBN) menegaskan jika dirinya memang ingin batik Indonesia bisa dilestarikan oleh generasi muda.

"Sejak saya kecil, hampir semua keluarga dari ibu saya itu pembatik. Jadi dari kecil sudah biasa dan bermain dengan batik. Jadi saat diajak perkumpulan IPBN saya langsung jatuh cinta," katanya.

Dalam malam final sendiri berhasil didapat pasangan Garuda Cakti Viratama (Surabaya) dan Nina Jane Bustan (Jakarta) yang terpilih sebagai Putra dan Putri Batik Nusantara 2014.

Posisi Runner Up 1 digondol Adrianus Sandy Dharmawan (Jakarta) dan Fransiska Oki Riang (Solo). Runner Up 2 jatuh kepada I Gusti Made Kusuma W (Denpasar) dan Cindy Herin Adisa Hendatary (Jakarta).

Dengan terpilihnya Putra-Putri Batik 2014, Ayu berharap agar pengembangan batik sebagai pemersatu bangsa dapat terwujud.

"Kita (bangsa Indonesia) punya jati diri. Bangsa yang punya jati diri tidak akan mengekor dan menggunakan produk luar secara membabi buta. Mari kita lestarikan dan gunakan batik kita," ajak Ayu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.