Sukses

`Sakitnya Tuh Disini`, Antara Goyang Dumang dan Wakudoki

Lagu `Sakitnya Tuh Disini` Cita Citata membawa kita mengenal Goyang Dumang dan Wakudoki.

Liputan6.com, Jakarta Setiap lagu dangdut yang populer biasanya diiringi dengan goyangan khas yang ikutan populer. Lagu dangdut Sakitnya Tuh Disini yang pertama dinyanyikan Cita Citata, punya goyang khas Duyung Mangap alias Dumang. Yang tak lazim, goyangan itu justru bukan datang dari Cita, melainkan muncul di versi lagu yang dinyanyikan Nomnom Gowes. Yang tak lazim juga, di videoklip Cita Citata, gaya goyangnya justru mirip goyang Wakudoki.

Waduh, apa pula Wakudoki itu? Dan bagaimana bisa ruwet begini, ya?

Kepada Liputan6.com, Cita Citata pernah bercerita lagu `Sakitnya Tuh Disini` bermula ketika Cita berada di sebuah studio untuk rekaman. Karena kesulitan membawakan sebuah lagu, lalu muncul kata-kata "sakitnya tuh di sini".

"Waktu itu bawain lagunya susah banget. Aku sambil bercanda bilang, 'sakitnya tuh di sini'. Dan aku minta dibuatkan lagu dengan judul itu. Empat jam kemudian lagu tersebut jadi," kenang Cita.

Lagu `Sakitnya Tuh Disini` kemudian menjadi hit setelah diangkat di sinetron Diam-diam Suka (DDS) yang tayang di SCTV. Lagu itu dinyanyikan oleh Nomnom Gowes, karakter penyanyi dangdut yang dimainkan Audi Marissa.

Nah, Nomnom Gowes ternyata berjodoh betul dengan lagu `Sakitnya Tuh Disini`. Sebab, kemudian lagu tersebut kian terkenal di masyarakat. Apalagi, Nomnom Gowes tak sekadar menyanyikannya, tapi juga melengkapinya dengan goyangan khas pengiring lagu itu. Nama goyangannya Dumang alias Duyung Mangap.

Goyang Dumang seperti goyang dangdut pada umumnya. Tangan menghadap ke bawah, badan bergoyang putar-putar. Yang bikin berbeda, Naomi selalu mangap alias membuka mulut selebar-lebarnya sambil menggoyangkan dadanya.

Sebetulmya, di videoklip aslinya, Cita Citata memiliki goyangan khas sendiri. Seperti yang biasa dilakukan orang ketika mengatakan atau menulis frasa "sakitnya tuh di sini" yang ditunjuk adalah dada.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Wakudoki Ala Cita Citata


Nah, gerakan menunjuk dada dengan goyangan miring ke kanan itu mirip goyang Wakudoki, goyangan khas dari Jepang yang sedang booming.

Dari telusuran di dunia maya, diketahui kalau Wakudoki adalah ungkapan orang Jepang untuk "memompa dengan kegembiraan".

Dikatakan blog bernama japaninfo, `Waku-waku` adalah bahasa Jepang yang berarti saat hatimu sedang berdebar dengan kegembiraan dan 'Doki-doki' adalah bahasa Jepang untuk suara dari detak jantung.

Nah, goyang Wakudoki dipopulerkan sebuah group musik Jepang World Order untuk iklan Toyota. Dalam beberapa versi iklan Toyota, World Order berjoged dengan goyang khasnya yang seperti robot.

Demikianlah, lagu `Sakitnya Tuh Disini` rupanya telah membawa banyak berkah. Tidak hanya nama Cita Citata jadi terkenal, tapi juga melahirkan goyang Dumang dan membuat banyak orang jadi mencari tahu apa itu goyang Wakudoki.

 


Videoklip Cita Citata `Sakitnya Tuh Disini`:


 

 

Video Wakudoki World Order:


 

(Ade/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.