Sukses

Hari HAM Sedunia, Ratna Sarumpaet Rilis Novel `Kobaran Cintaku`

Novel Ratna Sarumpaet berkisah tentang sekelompok intelektual muda yang menyaksikan kepedihan pertikaian yang berlangsung.

Liputan6.com, Jakarta Ratna Sarumpaet dikenal sebagai aktivitis Hak Asasi Manusia (HAM). Di tengah nuansa dan perayaan Hari HAM Sedunia, Ratna meluncurkan novelnya bertajuk Kobaran Cintaku yang menceritakan pelanggaran HAM dalam konflik di Maluku.

Selama dua tahun Ratna keluar masuk kampung halamannya di Maluku untuk melakukan penelitian dan menulis novelnya.

"Saya tuliskan buku ini sebagai salah satu bentuk alat perjuangan saya. Karena menurut saya, seni merupakan senjata saya untuk memperjuangkan apa yang menjadi konsen saya, khususnya bicara soal kemanusiaan," ungkap Ratna di Univeritas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Selasa (16/12/2014).

Tanpa sedikitpun berniat untuk kembali menguak luka lama, Ratna ingin buku ini sebagai pelajaran dan membuka mata masyarakat bahwa pernah terjadi kisah kelam di tanah Maluku, tanah ia dibesarkan.

"Mengorek luka lama itu bahasa atau istilah intelijen. Kita tidak ada kata seperti itu. Biar semua tahu dan dapat belajar dari sejarah kelam yang pernah terjadi," jelasnya.

Novel Ratna Sarumpaet berkisah tentang sekelompok intelektual muda yang menyaksikan kepedihan pertikaian yang berlangsung. Mereka dengan segala keterbatasannya bergerak melakukan usaha-usaha menolong korban dan menyerukan damai sebagai sikap politik. (Ric/Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ratna Sarumpaet adalah seniman Indonesia yang banyak mengeluti dunia panggung teater, selain sebagai aktivis organisasi sosial.
    Ratna Sarumpaet adalah seniman Indonesia yang banyak mengeluti dunia panggung teater, selain sebagai aktivis organisasi sosial.

    Ratna Sarumpaet

Video Terkini