Sukses

5 Film Kecelakaan Pesawat Terbang Paling Mengerikan

Terdapat 5 dari beberapa film Hollywood yang mampu menggambarkan kecelakaan pesawat terbang secara mengerikan.

Liputan6.com, Los Angeles Banyaknya kecelakaan pesawat terbang komersial yang tak dapat dihindari, telah menginspirasi banyak sineas untuk menggambarkannya ke layar lebar.

Memang jika dilihat lebih mendalam, sineas Hollywood gemar menggarap film-film bertema bencana alam dan kecelakaan. Bahkan, banyak yang menyebut hal itu sebagai salah satu cara mereka dalam mengantisipasi kecelakaan dan bencana di Amerika Serikat.

Melirik ke Tanah Air, Indonesia sudah beberapa kali menghadapi kasus kecelakaan pesawat terbang komersil yang membuat banyak pihak berkabung. Termasuk salah satunya adalah insiden AirAsia yang baru terjadi 28 Desember 2014 kemarin.

Sambil menantikan kabar terbaru insiden pesawat komersial tersebut sekaligus bahan antisipasi dalam mencegah kejadian serupa di masa depan, ada baiknya kita ikuti terlebih dahulu film-film Hollywood apa saja yang mampu menggambarkan insiden pesawat terbang secara mengerikan.

Baca juga:

Doraemon dan Detective Conan Pernah Tampilkan Kecelakaan Pesawat

Cerita Artis-artis yang Takut Naik Pesawat Terbang

Ini Ramalan Tepat Ki Kusumo Selama 2014

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Alive (1993)

Alive (1993)

Film yang dibintangi Ethan Hawke ini mengambil kisah nyata tim Rugby Uruguay yang mengalami kecelakaan pesawat mengerikan di Pegunungan Andes. Penggambaran Alive dibuat lebih suram ketika mereka yang selamat, terpaksa untuk memakan rekan-rekannya yang telah jadi mayat agar tak mati kelaparan.

Adegan mengerikan terjadi ketika pesawat terbelah setelah menyentuh gunung, dan setengah dari mereka masih duduk di kursi masing-masing, beberapa terlihat jatuh dari bagian belakang pesawat.

Pilihan untuk bertahan hidup dengan memakan daging manusia yang sudah mati, membuat beberapa penonton berpikir jika kejadian tersebut dialami, mungkin lebih baik meninggal dalam kecelakaan pesawat.

3 dari 6 halaman

Fearless (1993)

Fearless (1993)

Akting Jeff Bridges dalam film arahan Peter Weir ini sangat mencengangkan kita. Pasalnya, karakter Max yang diperankan Bridges memberi ilham bagi penonton agar bisa berdamai dengan kematian dan menyadari bahwa kecelakaan bisa dialami siapapun dan kapan saja.

Salah satu adegan mengerikan dalam Fearless tentunya adalah saat pesawat yang ditumpangi Max mengalami kecelakaan. Di situ, ia terlihat mengikhlaskan nyawanya sebelum pesawat jatuh dan akhirnya menyadari dirinya selamat.

Penggambaran kecelakaan dalam film ini cukup mengerikan dengan terlepasnya satu persatu tubuh pesawat. Setelah insiden tersebut, Max lalu menjalani kehidupan yang tentunya semakin membuat film ini menarik untuk ditonton hingga akhir.

4 dari 6 halaman

Final Destination (2000)

Final Destination (2000)

Kisah utama dalam Final Destination berkenaan dengan ramalan seorang siswa SMA bernama Alex yang mengetahui akan akan datangnya bencana atau kecelakaan kepada dirinya dan orang-orang sekitar melalui mimpi.

Adegan hancurnya pesawat di tengah udara yang ditampilkan di awal film ini, terlihat sangat mengerikan. Terutama saat kita mengetahui penumpang pesawat tersebut adalah siswa-siswi sekolah menengah beserta guru-gurunya.

5 dari 6 halaman

United 93 (2006)

United 93 (2006)

Mengambil tema pembajakan pesawat United Airlines Flight 93, pada serangan 11 September 2001, United 93 mencoba untuk menceritakan seakurat mungkin tragedi WTC di dalam pesawat naas itu. Film yang disutradarai Paul Greengrass ini, dibuat atas kerjasama dengan semua keluarga penumpang.

Film ini juga mengambil catatan sebenarnya dari aksi heroik penumpang dalam menggagalkan pembajakan salah satu dari empat pesawat yang disusupi pada 11 September 2001. Sebanyak 45 menit terakhir bagian film ini terlihat cukup mengenaskan, demi bisa menggambarkan salah satu hari paling tragis dalam sejarah Amerika.

6 dari 6 halaman

Flight (2012)

Flight (2012)

Dibintangi oleh Denzel Washington, Flight berkisah mengenai Whip Whitaker, seorang pilot maskapai penerbangan yang mampu mendaratkan pesawatnya secara darurat setelah mengalami kegagalan mekanis dalam penerbangan. Ia sukses menyelamatkan hampir semua orang di dalam kapal.

Film yang disutradarai Robert Zemeckis ini, menghadirkan sebuah adegan yang diklaim sebagai 'kecelakaan pesawat terbesar dalam sejarah perfilman'. Meskipun begitu, unsur heroik dalam Flight sangat kental. (Rul/Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini