Sukses

5 Festival Musik Terbesar di Dunia

Beberapa festival ini selalu menjadi yang ditunggu-tunggu para pecinta musik dunia. Apa saja lima festival musik terbesar di dunia?

Liputan6.com, Jakarta Dunia terasa hampa jika tak ada musik, mungkin ungkapan tersebut benar adanya. Bayangkan saja jika tidak ada suara bahkan alunan irama yang terangkai indah. Seiring dengan perkembangan zaman musik pun muncul berbagai genre mulai dari rock, jazz, pop, hingga elektro yang kini sedang popular.

Merayakan kegembiraan bersama beberapa festival musik hadir di tengah-tengah para pecinta musik. Hampir di setiap negara mempunyai festival musik yang sudah mendunia bahkan menjadi yang terbesar. Kali ini Liputan6.com memberikan ulasan tentang festival musik yang selalu ditunggu setiap tahunnya serta menjadi yang terbesar di dunia.

Selain Summerfest dan Glastonbury, berikut lima festival musik terbesar di dunia dilansir dari laman MTV Iggy, Kamis (19/3/2015): 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ultra Music Festival

Ultra Music Festival (Miami, Amerika Serikat)

Dari sekian banyaknya festival musik di dunia, Ultra Music Festival menjadi yang terbesar sekaligus ditunggu-tunggu. Sejak pertama kali digelar pada 1999, Ultra berhasil menyedot perhatian para pecinta musik elektronik.

Festival ini diselenggarakan di Miami, Florida, Amerika Serikat. Lebih dari 300 penampilan yang ada selama tiga hari dengan tujuh panggung yang tersedia.

Penjualan tiket Ultra Music festival ini habis terjual dalam waktu empat menit secara online. Mungkin salah satu alasannya karena tak mau ketinggalan menyaksikan para DJ yang memainkan musik elektro di atas panggung.

3 dari 6 halaman

Rock in Rio

Rock in Rio (Rio De Janeiro, Brazil)

Rock in Rio menjadi salah satu festival terbesar di dunia dengan penonton menembus angka 1,5 juta. Kala itu band ternama seperti Queen, AC/DC dan Iron Maiden tampil di sana hingga menyedot jutaan manusia.

Festival musik rock ini pertama kali diselenggarakan di Rio De Janeiro, Brazil pada 1985. Sekarang ini festival tersebut sudah menjalar ke beberapa wilayah lainnya seperti Lisbon, Madrid, dan Las Vegas.

Meskipun berada ditempat yang berbeda, uniknya festival terbesar itu tetap memakai nama Rock in Rio. Sejumlah musisi ternama diantaranya Ozzy Osbourne, Yes, Whitesnake, dan Rod Stewart sudah pernah tampil menggebrak festival Rock in Rio.

 

4 dari 6 halaman

Coachella Valley Music and Arts Festival

Coachella Valley Music and Arts Festival (California, Amerika Serikat)

Coachella Valley Music and Arts Festival atau disingkat menjadi Coachella Fest sudah ada sejak 1999. Ini merupakan salah satu festival terbesar di dunia dengan menampilkan hampir semua jenis musik yang menyediakan enam panggung.

Dalam dua minggu, Coachella Fest diselenggarakan di Indio, California, Amerika Serikat. Festival ini tak hanya menampilkan pertunjukkan musik tetapi juga beberapa seni lainnya.

Tahun ini Coachella akan hadir para minggu kedua dan ketiga April. Tiket festival ini laku terjual hanya dalam waktu kurang dari 20 menit saja. Clean Bandit, David Guetta, Kasabian, dan Tiger and Woods kabarnya akan tampil di Coachella 2015.

 

 

5 dari 6 halaman

Mawazine

Mawazine (Rabat, Moroko)

Salah satu festival terbesar di dunia yang sudah tak asing lagi yakni Mawazine. Festival ini pertama kali diselenggarakan di Rabat, Moroko, 2001. Para musisi ternama dunia berkolaborasi bersama artis lokal dengan panggung yang megah.

Sederet musisi seperti Mariah Carey, Shakira, Whitney Houston, Stevie Wonder, dan Alicia Keys sudah pernah tampil di Mawazine. Tahun ini Mawazine akan diselenggarakan pada 6 Juni 2015.

Maroon 5 dan Placebo merupakan dua musisi yang telah dikonfirmasi akan tampil di Mawazine 2015. Tahun ini sederet penyanyi ternama dunia yang sedang naik daun seperti Iggy Azalea, Taylor Swift, Ed Sheeran, Avicii, One Direction, dan Ariana Grande dikabarkan segera memeriahkan panggung Mawazine.

 

 

 

6 dari 6 halaman

Donauinselfest

Donauinselfest (Vienna, Austria)

Festival musik yang setiap tahunnya hadir dipertengah Juni yakni Donauinselfest termasuk salah satu yang terbesar di dunia. Ajang ini pertama kali diselenggarakan pada 1993 di Vienna, Austria. 

Kabarnya ini merupakan salah satu festival musik dunia yang bisa dinikmati dengan cuma-cuma. Meski gratis Donauinselfest selalu mendapat keuntungan fenomenal yang tak terduga.

Selain menampilkan musisi Austria, Donauinselfest juga mendatangkan artis dunia seperti Zucchero dari Italia dan DJ Otto Knows. Festival ini terdiri dari 21 area yang disebut sebagai pulau di mana para penyanyi ternama akan tampil di sana.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.