Sukses

Sampai di Mana Perkembangan Film `Kartini` Hanung & Dian Sastro?

Hanung Bramantyo sudah melakukan riset tentang kisah hidup Kartini yang akan dibintangi Dian Sastro.

Liputan6.com, Jakarta Setelah Soekarno : Indonesia Merdeka, sutradara kondang Hanung Bramantyo kian ketagihan membuat film biopik tokoh sejarah. Kali ini, suami artis Zaskia Adya Mecca itu akan menggarap film Kartini.

Bersama Legacy Pictures, Hanung Bramantyo sudah melakukan riset tentang kisah hidup Kartini muda. Termasuk menyeleksi artis perempuan yang akan memerankan sosok Kartini. Pilihan Hanung Bramantyo pun jatuh pada Dian Sastrowardoyo.

Membuat film Kartini, Hanung Bramantyo juga tak mau sembarangan. Selain melakukan riset, ia juga harus menyusun cerita sesuai dengan arahan dan amanat keluarga Kartini.

Dian Sastro bertambah senang karena keputusannya kembali bermain film didukung keluarga dan suami, Indraguna Sutowo.

"Mereka (keluarga Kartini) meminta saya membuat film tentang Kartini yang menginspirasi, karena Kartini itu milik bangsa bukan hanya keluarga saja," ucap Hanung Bramantyo di sela diskusi 'Kartini dan Bangsa yang Mandiri' di Jakarta, baru-baru ini.

Hanung Bramantyo juga mengungkapkan kalau film 'Kartini' garapannya akan divisualisasikan dengan kondisi sebenarnya Kartini di masa muda. Ia tidak ingin cerita Kartini melenceng dari sejarah.

-

"Soal bagaimana nanti konsep cerita dalam film, itu sutradara yang memilih. Misal ada tokoh yang dikorbankan, itu juga karena kebutuhan cerita," papar Hanung Bramantyo.

Film Kartini yang dibintangi Dian Sastrowardoyo mulai menjalani proses produksi pada November 2015. Nantinya, film tersebut dijadwalkan tayang di bioskop pada 2016 mendatang. Film tentang Kartini pernah dibuat sineas kita. Tahun 1982, Suman Djaya membuat R.A. Kartini dengan bintang utama Jenny Rachman. (Gie/Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.