Sukses

Tips Bikin Lagu dari Endank Soekamti

Dibantu Pongky Barata, vokalis Endank Soekamti berbagi tips dalam membuat lagu.

Liputan6.com, Yogyakarta Musik Endank Soekamti memang unik. Meski kerap dihantam dengan betotan bass serta gebukan drum yang tergolong keras, irama-irama ceria yang dikumandangkannya tetap mampu menjaga kenyamanan telinga saat sedang mendengarkan lagu-lagunya.

Untuk urusan lirik, Endank Soekamti juga tak mau berumit-rumit ria layaknya seorang pujangga, mereka lebih suka menggunakan kalimat yang sederhana namun mengandung banyak pesan untuk para pendengarnya.

Erix Soekamti

Lantas, adakah resep tertentu untuk bisa membuat lagu seperti mereka?

"Biasanya Endank Soekamti kalau bikin malah dari nadanya dulu. Kalau nadanya sudah dapat, baru pergi ke lirik. Karena kalau bikin lirik dulu, pas masuk nada malah terlalu maksa," tutur Erix Soekamti saat diwawancarai mantan vokalis Jikustik, Pongky Barata di salah satu videonya.

Endank Soekamti.(Foto: Liputan6.com/Febri)

Untuk tips terakhir, Erix pun menyarankan agar para calon musisi tak membuat membuat jenis-jenis lagu yang laku di pasaran. Menurutnya, akan lebih baik jika sang pencipta lagu membuat karya-karya yang sesuai dengan apa yang ia suka.

"Ya, jangan tergantung dengan pasar. Buatlah lagu yang memang kalian suka," pungkas Erix menutup wawancaranya.(Feb/Fir)

Baca juga:

Cherrybelle Dipaksa Ngerock Bareng Endank Soekamti

Komentar Didi Kempot Soal Duet Bareng Endank Soekamti

Slank Sempat Kaget dengar Endank Soekamti

Demi Endank Soekamti, Pongky Barata Jual Mobil Kesayangan

Alasan GIGI Duet dengan Endank Soekamti

Endank Soekamti dan CJR Buktikan Tak Ada Batasan Dalam Bermusik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.