Sukses

Cerita Prisia Nasution Membersihkan Candi Borobudur

Sebagai warga negara, Prisia Nasution merasa bertanggung jawab untuk menjaga kelestarian Candi Borobudur.

Liputan6.com, Jakarta Keindahan Candi Borobudur sempat tercoreng tangan-tangan jahil orang tak bertanggung jawab yang mengotori komplek stupa terbesar di dunia itu. Hal itu pun menggugah Prisia Nasution untuk turut serta membersihkan candi peninggalan Budha tersebut.

Wanita yang akrab disapa Pia ini kemudian menyikat lumut dan benalu yang tumbuh di sekitar Candi Borobudur. Prisia merasa punya tanggung jawab besar sebagai warga negara Indonesia untuk menjaga keindahan aset wisata negara.

Prisia Nasution [Foto: Panji Diksana/Liputan6.com]

"Iya beberapa minggu lalu sih, membantu bersihkan candi. Kami bersihkan lumut-lumut yang menempel di candi dan hasilnya langsung bersih," kata Prisia Nasution saat ditemui di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Senin (10/8/2015).

"Menurutku, Indonesia salah satunya dilihat karena keberadaan Candi Borobudur. Sebagai warga negara aku merasa bertanggung jawab untuk menjaga kelestariannya," sambung Prisia Nasution.

Bermodal sikat halus dan sapu lidi, bintang film Sang Penari itu rela berpanas-panasan di areal candi. Justru, Prisia makin terpacu ketika melihat semangat komunitas lainnya yang ikutan kerja bakti.

"Ini pengalaman baru membersihkan candi bareng beberapa komunitas. Intinya kasih kesadaran anak muda untuk jaga cagar budaya. Kami pakai sikat yang halus dan sapu lidi. Aku nggak sampai seharian, sedangkan pekerja di sana aku salut ya mengerjakannya dengan cepat," ujar janda 31 tahun ini.

Selain membantu terjaganya keindahan Candi Borobudur, Prisia mengaku dapat banyak pengalaman dan ilmu yang bermanfaat. "Dapat pengetahuan juga. Sehingga pengetahuanku soal candi nggak hilang. Pengenalan kalau candi itu bukan cuma sekedar gundukan batu, ini yang harus disebarkan ke generasi muda," kata Prisia Nasution. (Ras/fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.