Sukses

Penjualan Kian Merosot, Penerbit Detective Conan Ganti Konsep

Bos editor baru Shonen Sunday, Takenori Ichihara, berencana melakukan perubahan terhadap majalah manga terbitan Shogakukan itu.

Liputan6.com, Tokyo Pimpinan editor baru majalah manga Weekly Shonen Sunday terbitan Shogakukan, Takenori Ichihara, baru saja mengumumkan secara langsung melalui edisi ke-38 pada Rabu (19/8/2015) lalu mengenai perubahan di dalamnya.

Di situ, Ichihara mengabarkan bahwa dirinya berencana untuk melakukan perubahan terhadap majalah yang tengah diurusnya itu mulai musim gugur tahun 2015 ini.

Menurut Ichihara, jajarannya saat ini tengah mempertimbangkan untuk membina bakat pencipta manga baru sebagai prioritas terbesar pihak majalah yang menerbitkan manga Detective Conan itu.

Bos editor baru Shonen Sunday (majalah manga terbitan Shogakukan), Takenori Ichihara. (natalie.mu)

Weekly Shonen Sunday beserta Shonen Sunday Super, akan menghapus beberapa manga yang tengah terbit untuk membuka jalan bagi rangkaian wajah-wajah baru.

Namun begitu, visinya untuk majalah masih mencakup para penulis berberpengalaman yang merupakan perpaduan antara sosok baru maupun penulis lama.

Ichihara secara pribadi akan membuat keputusan terhadap konten manga, mulai dari debut serial pendek (one-shots) milik talenta baru atau untuk serial baru dari para penulis veteran.

Manga Detective Conan di majalah Shonen Sunday terbitan Shogakukan. (natalie.mu)

Semua karya yang ada di dalamnya pun berdasarkan pada pilihan dan keindahannya. Oleh karena itu, Ichihara mengatakan bahwa ia mengambil tanggung jawab penuh atas nasib majalah Shonen Sunday.

Maka sesuai dengan keputusannya demi bisa lebih berfokus pada bakat baru, redaksi Shonen Sunday pun langsung direstrukturisasi pada bulan lalu.

Takenori Ichihara sendiri sempat mengaku bahwa ia adalah penggemar berat Shonen Sunday saat dirinya masih anak-anak.

Bos editor baru Shonen Sunday (majalah manga terbitan Shogakukan), Takenori Ichihara. (natalie.mu)

Weekly Shonen Sunday pertama kali diluncurkan pada Maret 1959. Seperti halnya Weekly Shonen Jump terbitan Shueisha dan Weekly Shonen Magazine terbitan Kodansha, sirkulasi Shonen Sunday telah menurun dalam beberapa tahun terakhir.

Penjualan majalah tersebut merosot di bawah angka 600 ribu pada Juli hingga September 2011 dan di bawah 400 ribu pada kuartal pertama tahun 2015.

Selain Detective Conan, baru-baru ini majalah Shonen Sunday masih menerbitkan manga seperti Magi, RIN-NE, Ultimate Otaku Teacher, dan masih banyak lagi. (Rul/Feb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.