Sukses

Kisah Mengejutkan Penulis Soundtrack Anime Evangelion

Lagu tema Neon Genesis Evangelion memang telah menjadi soundtrack anime paling populer di karaoke dan pachinko Jepang.

Liputan6.com, Tokyo Penulis lagu Neko Oikawa belum lama ini muncul di sebuah program variety Jepang Out x Deluxe pada 10 September 2015 lalu. Di situ, ia mendiskusikan soal lagu ciptaannya, Zankoku na Tenshi no Thesis (Cruel Angel's Thesis) yang menjadi tema anime Neon Genesis Evangelion.

Dilansir dari Anime News Network, Minggu (13/9/2015), tembang klasik tersebut memang telah menjadi lagu tema anime paling abadi dan populer di karaoke. Kini, lagunya justru lebih banyak dikenal secara luas dua dekade setelah debutnya. Kabarnya saking seringnya diputar, hampir semua pengunjung karaoke jadi bosan ketika mendengarnya.

Neko Oikawa, penulis lagu tema anime Neon Genesis Evangelion. (Anime News Network)

Daily Sports Online mengungkapkan bahwa setelah menciptakan lagunya, Oikawa telah meraup ratusan juta yen (kini setara Rp 11 miliar lebih) setiap tahunnya berdasarkan pembagian royalti.

Meskipun begitu, ia mengatakan bahwa dirinya mendapat sekitar satu yen (0,8 persen) setiap kali lagu itu dinyanyikan di karaoke. Baginya, royalti dari pachinko lebih menguntungkan. Setidaknya, ia meraih 30.000.000 yen (Rp 3,5 miliar) selama setahun dan terkadang malah 100 juta yen dari pachinko.

Anime Neon Genesis Evangelion.

Saat ini, ia hanya memiliki tabungan sebesar 100.000 yen (sekitar Rp 11,9 juta) di dalam bank. Bagaimanapun, hal itu disebabkan karena mantan suaminya membeli sebuah gua di Cappadocia (satu wilayah di Turki yang dikenal banyak memiliki gua tempat tinggal) sejumlah 300 juta yen (sekitar Rp 35,7 miliar).

Lebih mengejutkan lagi, Oikawa juga mengungkapkan bahwa dirinya masih belum benar-benar menyaksikan anime Evangelion. "Itu pekerjaan yang sudah selesai, sehingga saya tidak benar-benar tertarik," katanya.

Manga dan anime Neon Genesis Evangelion. (yattatachi.com)

Ketika ia menulis lagunya, anime Evangelion belum selesai dan dia hanya memiliki proposal dan dua atau tiga menit pertama untuk dilalui. "Itu bahkan tidak berwarna. Saya menulis lagunya, dan tugas saya selesai. Saya menulisnya sekitar dua jam," ucapnya.

Neko Oikawa sebelumnya telah disebutkan bahwa ia tidak tahu apa-apa tentang anime Neon Genesis Evangelion sebelum menulis lagu dan ia tidak pernah menemui komposer lagunya, Hidetoshi Sato. Zankoku na Tenshi no Thesis sendiri dinyanyikan oleh Yoko Takahashi. (Rul/Feb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini