Sukses

Demi Anak Indonesia, Ibnu Jamil Siap Datangkan Pelatih Bola Eropa

Ibnu Jamil menuturkan, banyak SSB saat ini menekankan pentingnya meraih kemenangan di setiap pertandingan.

Liputan6.com, Jakarta Tekad Ibnu Jamil membentuk anak-anak Indonesia supaya punya mental dan kemampuan di dunia sepakbola rupanya bukan wacana semata. Lewat Yayasan Olahraga Anak Nusantara (YOAN) yang ia dirikan, Ibnu berencana mendatangkan pelatih sepakbola dari Eropa.

"Bersama teman-teman di YOAN kami memang punya rencana menyamakan kurikulum SSB (Sekolah Sepak Bola) di Indonesia. Nantinya kami juga akan mendatangkan pelatih dari Eropa untuk menunjukkan bagaimana melatih anak-anak bermain sepakbola," kata Ibnu Jamil, di sela Kompetisi Liga Bola di kawasan Serpong, Tangerang, Banten, Minggu (4/10/2015).

Ibnu Jamil bersama anak-anak SBB (Liputan6.com/Julian Edward)

Di acara tersebut, Ibnu menggelar coaching clinic kepada anak-anak pecinta bola. Mereka dipandu langsung oleh legenda hidup sepakbola Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto.

Ibnu menuturkan, banyak SSB saat ini menekankan pentingnya meraih kemenangan di setiap pertandingan. Padahal, untuk anak-anak di bawah 11 tahun, sebaiknya mereka diajarkan teknik memainkan bola.

 Kurniawan Dwi Julianto, Supriyanto dan Ibnu Jamil di acara Yayasan Olahraga Anak Nusantara (YOAN).(foto: Rizky Aditia Saputra/Liputan6.com)

"Di Eropa, anak-anak U-11 itu tidak dituntut menang, tapi dituntut memiliki mental dan cara bermain bola. Berbeda dengan di Indonesia. Kalau dari kecil sudah dituntut menang, ketika besar dia tak bersemangat mengejar kemenangan lagi," jelas pria berusia 33 tahun itu.

Ke depannya, Ibnu Jamil tak hanya fokus di sepakbola saja. Ibnu juga akan menggelar pelatihan bagi olahraga lain seperti bulutangkis dan lari. "Kami punya cita-cita memiliki komplek olahraga sendiri yang didedikasikan buat anak-anak Indonesia," tutup Ibnu. (Jul/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini