Sukses

Mengenang Transformasi Kamen Rider Black RX

Mari kita mengenang lagi sosok mana saja yang menjadi bagian dari transformasi Kamen Rider Black RX.

Liputan6.com, Tokyo Menjamurnya film superhero di Hollywood boleh saja menjadi satu hal membanggakan bagi sineas Amerika saat ini dalam menawarkan efek canggih dan aksi keren pahlawan fiksi buatan mereka.

kamen

Namun jika menoleh lebih luas ke belakang hingga masa kini, di Negeri Sakura ada satu judul franchise pahlawan fiksi yang sempat menjadi idola anak-anak sejak awal era 1970-an. Franchise itu adalah Kamen Rider, dan salah satu judul terbaiknya adalah Kamen Rider Black.

Kisah dalam Kamen Rider Black yang di Jepang mengudara sejak 1987 dan di Indonesia sejak awal 1990-an, semakin menarik tatkala musim kedua serial tokusatsu ini diberi judul Kamen Rider Black RX. Bahkan, RX sendiri merupakan nama bagi sosok baru Black dengan kekuatan dan tampilan baru.

Kamen Rider Black RX. (Ishimori Productions / Toei Company)

Selain Black dan RX, ada beberapa sosok lagi yang dikategorikan sebagai Kamen Rider. Demi mengantisipasi rasa lupa terhadap karakter superhero asal Jepang itu, mari kita mengenang lagi Kamen Rider apa saja yang ada di kisah Black dan RX.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kamen Rider Black dan Kamen Rider Black RX

Kamen Rider Black

Kamen Rider Black bisa dibilang sebagai alter-ego dari Kotaro Minami, sosok pemuda yang menjadi kelinci percobaan organisasi alien Gorgom. Sosoknya di musim pertama, selalu dominan dan tak berubah sejak awal episode.

Kamen Rider Black memiliki wujud serba hitam dan kadang aksinya selalu dibantu oleh motor berbentuk belalang yang diberi nama Battle Hopper serta motor canggih bernama Road Sector.

Di musim pertama, Kotaro Minami dalam wujud Black mengalami perselisihan dengan Gorgom yang justru mengubahnya sebagai Kamen Rider.

Salah satu yang membuat Black terkenal adalah jurus andalannya, Rider Punch dan Rider Kick. King Stone yang melekat bagai sabuk juga sempat mencuri perhatian anak-anak karena alat tersebut dijadikan sebagai media perubahan Kotaro sebagai Kamen Rider Black.

 

 

Kamen Rider Black RX. (Ishimori Productions / Toei Company)

Kamen Rider Black RX

Transformasi kedua Kamen Rider Black ini, muncul pertama kali di musim kedua yang bertajuk Kamen Rider Black RX. Tampilannya pun lebih cerah dan berwibawa karena adanya unsur hijau, kepala yang lebih lonjong, serta kerah di leher.

Di luar bentuk fisiknya, aksi RX pun lebih dahsyat ketimbang Black. Saat menjadi RX, Kotaro Minami mampu menggunakan satu pedang bernama Revolcane yang muncul dari Sunriser, sabuk hasil transformasi King Stone.

Selain itu, kendaraan RX juga berubah wujud dari Battle Hopper menjadi Acrobatter yang lebih tangguh. RX juga memiliki kendaraan baru, yaitu sebuah mobil buatan Kotaro yang dinamai Ridoron.

Selama menjadi RX, Kotaro juga mampu berubah wujud menjadi dua Kamen Rider baru yang dihasilkan dari perasaannya saat melawan organisasi baru bernama Crisis Empire. Lebih lanjut mengenai transformasi dua Kamen Rider tersebut, bisa dilihat di poin-poin selanjutnya.

 

3 dari 3 halaman

Robo Rider dan Bio Rider

Robo Rider

Julukan yang diberikan kepada Robo Rider adalah 'Pangeran Kesedihan' atau 'Pangeran Api'. Sosok Kamen Rider satu ini merupakan transformasi dari RX ketika ia merasakan kesedihan saat berhadapan dengan musuhnya.

Ketangguhan Robo Rider yang memiliki paduan warna jingga dan hitam, bisa dilihat dari kulit bajanya yang sangat kuat. Saking kuatnya, ia terlihat seperti sebuah robot dan gerakannya pun menjadi kaku.

Tak hanya itu, senjata Robo Rider yang digunakan pun berubah drastis dari RX, yaitu sebuah pistol bernama Vortech Shooter. Kendaraannya berubah menjadi Roboizer yang mampu dua buah Senapan Vulcan.

 

 

Kamen Rider Black RX. (Ishimori Productions / Toei Company)

Bio Rider

Memiliki julukan Pangeran Alam atau Pangeran Kemarahan, Bio Rider memiliki kemampuan dan asal usul yang berbeda 180 derajat dari Robo Rider. Wujud ketiga RX ini muncul dari kemarahan Kotaro saat bertempur melawan musuhnya.

Memiliki perpaduan warna biru dan abu-abu, kulit Bio Rider tampak lebih ramping dan sangat rentan oleh serangan musuh. Akan tetapi, kecepatannya melebihi transformasi sebelumnya. Bahkan, ia mampu berubah menjadi gel untuk menghindari serangan berbahaya.

Senjata Bio Rider kembali berakar dari RX, yaitu sebilah pedang bernama Bio Blade. Kekuatannya pun lebih tangguh dari Revolcane dengan serangan menebas yang lebih cepat dan mematikan. Kendaraan milik Bio Rider adalah Macjabber yang sangat menyesuaikan kekuatannya. (Rul/Feb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.