Sukses

Kevin Julio vs Stefan William, Persaingan 5 Tahun Terakhir

Kevin Julio dan Stefan William saat ini terlibat persaingan ketat saat ini. Persaingan bagaimana?

Liputan6.com, Jakarta Kevin Julio dan Stefan William saat ini terlibat persaingan ketat lewat sinetron masing-masing. Kevin di GGS Returns, sedangkan Stefan di Anak Jalanan. 

Peta persaingan seru papan rating acara TV terjadi seminggu terakhir ini melibatkan dua judul sinetron yang tengah digandrungi pemirsa televisi. Dua sinetron tersebut adalah Ganteng Ganteng Serigala (GGS) Returns dan Anak Jalanan. Sebuah kebetulan mengingat kedua sinetron ini mulai tayang perdana bersamaan pada 12 Oktober lalu, namun di slot jam berbeda.

GGS Returns premiere di SCTV pada Senin pukul 20.30 WIB setelah tayangan Pangeran. Jam tayang yang sebenarnya tak tepat. Tahun lalu, season pertamanya, tayang di jam 19.30 WIB, waktu yang pas untuk penonton usia remaja, fans sebagian besar pemainnya, menonton TV.

Kendati demikian tak lantas membuat GGS Returns tak bertaji. GGS Returns nyatanya masih bisa tancap gas. Terbukti, rating episode perdananya langsung tembus peringkat pertama dengan TVR/Share 5,6/24,7.

Poster GGS Returns. (dok.Twitter GGS Returns)

Menurut catatan saya, GGS pertama yang juga langsung nangkring dipucuk rating pada 21 April 2014 hanya beroleh TVR/Share 4,0/16,2. Dengan begitu, GGS Returns memperbaiki rekor debut prekuelnya.

Sementara itu, GGS Returns mendapat lawan yang tak kalah sengit dari Anak Jalanan milik TV tetangga. Sinetron yang memasang nama Stefan William sebagai peran sentral ini, tayang perdana di RCTI pada early prime time, pukul 18.30 WIB. Episode pertamanya sukses mendarat di posisi ke-3 dengan TVR/Share 4,7/22,3. Selama 1 minggu penayangannya, Anak Jalanan kemudian berhasil meraih puncak rating di hari ke-5 dengan TVR/Share sebesar 6,2/27,3. Sejarah besar untuk seorang Stefan William, setelah sinetron sebelumnya yang pernah ia bintangi tak pernah diapresiasi sebesar ini.

Berawal dari Arti Sahabat

Menarik menyimak persaingan GGS Returns vs Anak Jalanan. Dua sinetron yang jadi perbincangan masyarakat selama seminggu ini, dimainkan oleh dua aktor muda berbakat Kevin Julio dan Stefan William sebagai peran utamanya.

Masih banyak yang mengingat kiprah keduanya dalam sinetron Arti Sahabat. Kevin dan Stefan, bisa dibilang cukup angkat nama lewat sinetron yang juga dibintangi Yuki Kato tersebut.

Stefan William dan Yuki Kato di Arti Sahabat. (dok. istimewa)

Arti Sahabat yang tayang di Indosiar pada tahun 2010 silam jadi jembatan karir buat Kevin dan Stefan juga awal persaingan sehat di antara keduanya. Di awal kisahnya, Arti Sahabat memplot nama Kevin Julio sebagai pemeran tokoh utama, mengingat jam terbangnya yang sudah cukup tinggi. Kevin sudah main beberapa sinetron be-rating tinggi dan be-reputasi bagus macam Heart Series atau Candy. Sementara Stefan baru menjajal akting di film BestFriend? (2008) dan Putih Abu-Abu dan Sepatu Kets (2009). Perannya di 2 film tersebut pun tak penting-penting amat.

Namun di pertengahan ceritanya, Arti Sahabat menggeser posisi peran utama dari Kevin ke Stefan yang lalu memicu "intrik" kecil di kalangan fans mereka. Selepas Arti Sahabat, keduanya disinyalir terlibat persaingan di dunia akting.

Kevin Julio, kelahiran 28 Juli 1993 ini kemudian sukses main di Heart Series 2, Bidadari-Bidadari Surga, dan mencapai puncaknya di Ganteng Ganteng Serigala. Tiga judul ini tak hanya meraih rating bagus selama penayangannya, tapi juga mengangkat pamor Kevin sebagai salah satu aktor muda paling bersinar 3 tahun belakangan.

Meski sukses besar lewat GGS, Kevin justru berhasil mendapatkan penghargaan akan kualitas aktingnya dari Bidadari-Bidadari Surga sebagai Pemeran Pria Sinetron Serial Terpuji di Festival Film Bandung 2014.

Kevin Julio [Foto: Panji Diksana/Liputan6.com]

Sementara Stefan William mengalami nasib berbeda. Momentum karirnya di Arti Sahabat masih menyisakan sekeping kepopuleran. Piala gelar Aktor Ngetop SCTV Awards 2011 lewat Gol-Gol Fatimah, berhasil digenggamnya meski tanpa ekspektasi. Padahal lawannya kala itu adalah Dimas Anggara. Stefan yang kelahiran 11 Agustus 1993 ini lalu kerap dianggap "biang gatot" alias gagal total sinetron yang ia bintangi. Sebut saja Aku Suka Dia (2012), Akibat Pernikahan Dini (2013), Fortune Cookies (2013-2014), dan Siti Bling-Bling (2014). Sinetron di atas hanya bertahan di sekitar angka 30 episode. Kebanyakan gagal karena faktor rating yang tak memuaskan.

Jika berbicara fisik, Stefan mungkin unggul dari Kevin. Stefan yang bule blasteran dan di awal kemunculannya acap dibilang mirip Justin Bieber ini, langsung melesat bak meteor. Popularitasnya di tahun 2010-2011 bisa dikatakan sama dengan Aliando kini.

Sedangkan karier Kevin pelan tapi pasti merangkak naik. Pilihan karakter dan sinetronnya selalu aman. Kevin dikenal tak neko-neko. Perannya di Bidadari-Bidadari Surga sebagai Dalimunthe bahkan bukan peran utama. Tapi dimainkannya dengan sepenuh hati. Berbeda dengan Stefan yang nyaris selalu dapat karakter utama dengan tipikal peran yang nyaris sama terus.

Maka tak heran, anggapan terlalu monoton pernah mampir di jidatnya. Mungkin baru di Anak Jalanan, ia mendapat tantangan peran yang langsung ngeklik dan terlihat segar.

Jalan Cinta Kevin Julio dan Stefan William

Pembicaraan soal Kevin dan Stefan tak hanya soal peran dan sinetron. Gosip hubungan cinta keduanya juga menarik disimak.

Di sepanjang karirnya didunia akting dan hiburan, Stefan selalu dikait-kaitkan dengan nama Yuki Kato. Fans keduanya yang terbentuk dari Arti Sahabat tak bosan-bosannya menjodohkan keduanya sebagai pasangan, tak hanya di project sinetron tapi juga kehidupan nyata.

Padahal Stefan dulu diketahui memacari rekan sesama artis, pesinetron cantik Ariel Tatum. Hubungan keduanya langgeng sampai 2 tahun. Putus dari Ariel, tak lantas bikin Stefan trauma. Sekarang ia malah memacari pendatang baru yang tak kalah cantik, Natasha Wilona. Hubungan mereka sepi gosip dan telah memasuki usia dua tahun. Stefan dan Wilo bahkan kini berduet sebagai pasangan di Anak Jalanan.

Stefan William - Natasha Wilona. (dok. istimewa)

Bagaimana dengan Kevin Julio?

Kisah manisnya dengan aktris cantik Kimberly Ryder telah lama lewat. Tiga tahun merajut kasih lalu putus karena perbedaan keyakinan. Meski banyak yang menyukai dan memuji keduanya sebagai pasangan serasi.

Kevin move on dengan memacari Sahila Hisyam dari lokasi syuting Bidadari-Bidadari Surga. Dengan Sahila, Kevin juga bisa langgeng. Namun, Kevin musti menerima kenyataan. Popularitasnya di GGS yang dibarengi dengan membludaknya fans yang kepincut chemistry-nya dengan Jessica Mila, membuatnya mirip seperti Stefan.

Nama aktris cantik Sahila Hisyam memang terdengar sudah tak asing lagi di dunia hiburan. Foto diambil pada 3 Juni 2015. (Liputan6.com/Faisal R Syam)

Ketika fans memberikan atensi demikian besar, normal terjadi mereka menjadi terobsesi. Oleh karena itu, banyak di antara bintang idola yang memilih menutup mulut atau menghindari pembicaraan soal kekasih di saat karier menjulang. Mereka tak bisa disalahkan. Tuntutan fans kadang memang berlebihan.

Kini, Kevin Julio dan Stefan William tengah berada di puncak dengan karya masing-masing yang saling bersaing ketat. GGS Returns dan Anak Jalanan berlomba-lomba menarik penonton dan saling sikut di papan rating. Waktu satu minggu untuk menebak juara mungkin terlalu dini.

Siapa yang akhirnya jadi tersukses hanya pilihan waktu dan keloyalitasan penonton. Yang jelas, kita patut berbangga. Dua aktor muda ini kembali dapat momentum bersamaan setelah 5 tahun ngehits bareng. Sudah pasti, yang untung adalah fans keduanya, bukan? ** (Puj/Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini