Sukses

Pertanyaan Soal EXO Muncul di Ujian Sekolah Picu Kontroversi

Soal ujian sekolah mencantumkan pertanyaan seputar dunia K-Pop tuai kontroversi.

Liputan6.com, Seoul Fenomena Hallyu atau K-Pop rasanya benar-benar membius berbagai kalangan. Dengan sejumlah talenta yang dimiliki serta didukung penampilan fisik yang menawan, mampu membuat industri hiburan Korea memiliki banyak penggemar.

K-Pop sepertinya dianggap sebagai salah satu ilmu budaya di Korea yang patut diketahui oleh semua masyarakatnya. Sebuah sekolah di Korea Selatan bahkan sampai menyisipkan pertanyaan terkait pengetahuan seputar dunia K-Pop dalam ujian mata pelajaran musik mereka seperti diwartakan Soompi, Selasa (27/10/2015).

Hanya karena EXO tampil di Dome pertama di Korea, membuat boyband itu seolah paling keren.

Pertanyaan berbentuk isian tersebut mengetes pengetahuan siswa tentang dunia hiburan Korea termasuk menanyakan jumlah personel grup EXO. Berikut pertanyaan yang tercantum di lembar soal:

"Pada tahun ...., kegiatan grup yang dibentuk dan dikelola oleh agensi besar, menjadi lazim. Sejak ..... generasi idola seperti H.O.T, SES dan Fin.K.L hingga saat ini seperti EXO ..... orang, grup-grup ini telah mendefinisikan Korean Wave dan bertahan sebagai perwakilan dari K-POP"

EXO kembali menorehkan prestasi dengan mebawa pulang piala penghargaan dari ajang penghargaan bergengsi di Korea.

Kemunculan soal ujian aneh itu pun menjadi perbincangan hangat para netizen dengan judul pembahasan `Tes Musik Horor`. Bukan hanya aneh, hal itu juga langsung menuai kontroversi dari sejumlah pihak yang tidak setuju dengan konten soal ujian yang tidak wajar.

Pasalnya tidak semua siswa merupakan penggemar fanatik K-Pop yang mengetahui secara detil jumlah personel sebuah grup idola. Bahkan sebagian siswa merasa kecewa mendapat nilai kecil lantaran kurang pengetahuan tetang dunia K-Pop.

"Aku tidak mendapatkan nilai 100 karena pertanyaan itu. Bagaimana aku bisa tahu tahun berapa dan banyak personel yang dimiliki EXO," ujar salah seorang siswa.

Soal ujian sekolah mencantumkan pertanyaan seputar EXO tuai kontroversi [foto: soompi]

Kasus ini bukan pertama kalinya terjadi dimana para idola K-Pop dijadikan sebagai bahan pertanyaan ujian sekolah. Sebelumnya, sebuah Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Korea membuat soal ujian tentang profil aktor tampan Kim Woo Bin. (Eka/Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.