Sukses

Gitar Hilang Milik John Lennon Terjual Rp 32,8 Miliar

Sebuah gitar akustik yang pernah dimiliki oleh John lennon berhasil terjual dengan harga USD 2,4 juta.

Liputan6.com, Beverly Hills Satu lagi memorabilia yang berhubungan dengan The Beatles terjual dengan harga fantatis. Sebuah gitar akustik yang pernah dimiliki oleh John Lennon berhasil terjual dengan harga USD 2,4 juta atau sekitar Rp 32,8 miliar.

The Beatles

Dilansir NY Post, Senin (9/11/2015), gitar bermerk Gibson seri J-160E tersebut dijual melalui rumah lelang Julien’s Auctions di Beverly Hills, California kepada seorang pembeli yang tidak disebutkan namanya. Rumah lelang itu menggambarkan gitar tersebut sebagai “gitar yang paling penting dalam sejarah The Beatles.”

Dikatakan juga, kalau gitar tersebut telah hilang selama 50 tahun dan merupakan gitar langka namun signifikan bagi sejarah bermusik John Lennon. Lagu hits macam P.S I Love You dan Love Me Do pun dikatakan lahir darinya.

John Lennon dan Gitar Gibson J-160E miliknya.

Gitar tersebut hanya dimiliki oleh John Lennon selama setahun sebelum hilang saat konser Natal 1963 silam. Gitar itu kemudian dijual kepada seorang musisi bernama John McCaw yang tidak mengetahui asal muasal gitar yang dimilikinya.

Gitar Gibson J-160E kembali mucul ke permukaan ketika pemiliknya menyadari kalau ada kesamaan gitar tersebut dengan kisah gitar milik George Harrison yang dibacanya di majalah. John Lennon membeli gitar tersebut pada 1962, di saat yang sama George Harrison juga membeli tipe serupa. Setelah diteliti oleh para ahli, gitar tersebut ternyata adalah gitar John Lennon yang hilang pada 1963.

The Beatles

Separuh keuntungan dari penjualan gitar John Lennon tersebut akan disumbangkan ke yayasan amal Spirit Foundation yang didirikan oleh mendiang John Lennon dan istrinya, Yoko Ono.(Gul/Feb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.