Sukses

Miles Davis jadi Musisi Jazz Terhebat Sepanjang Masa

Miles Davis merupakan musisi jazz pertama yang memasukan unsur rock n' roll. Ia menjadi inspirasi bagi generasi-generasi selanjutnya.

Liputan6.com, London Miles Davis baru saja dinobatkan menjadi musisi jazz terhebat sepanjang masa oleh BBC. Melalui voting yang diadakan oleh BBC Radio dan Jazz FM, Miles Davis menyingkirkan 49 musisi hebat lainnya yang dirangkum oleh para pembawa acara BBC Jazz, pembawa acara Jazz FM, musisi jazz, serta para jurnalis.

Miles Davis

Dilansir BBC baru-baru ini, di daftar 10 terbaik, Miles Davis bersanding dengan nama-nama besar lainnya; Louis Armstrong, Duke Ellington, John Coltrane, Ella Fitzgerald, Charlie Parker, Bille Holiday, Thelonious Monk, Bill Evans, dan Oscar Peterson.

Lahir pada 26 Mei 1926 di Alton, Illinois, Amerika Serikat, Miles Davis merupakan seorang pionir jazz, dan banyak mempengaruhi perkembangan warna musik tersebut. Miles Davis merupakan musisi jazz pertama yang memasukan unsur rock n' roll. Ia menjadi inspirasi bagi generasi-generasi selanjutnya.

Miles Davis (npr.org)

Seorang peniup trompet, komposer, dan pemimpin band, album 1959-nya, Kind of Blue banyak dianggap sebagai karya terhebat Miles Davis. Album tersebut merupakan album terlarisnya, sebuah album yang tidak hanya bagus bagi penggemar jazz, namun juga menarik bagi yang bukan penggemar jazz.

Kind of Blue

Miles Davis meninggal dunia 28 September 1991 silam karena pneumonia. Sebuah film tentangnya berjudul Miles Ahead yang dibintangi oleh Don Cheadle baru saja premier di Festival Film New York bulan lalu.(Gul/Feb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.