Sukses

Pianis Muda Indonesia Ini Raih 2 Nominasi Grammy Awards 2016

Pianis muda, Joey Alexander, berhasil masuk dalam daftar Grammy Awards 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang gembar-gembor go international, tapi orang lain pula yang betulan go international. Daftar nominasi Grammy Awards 2016 baru saja diumumkan. Di antara sederet nama musikus internasional, terselip nama pianis Jazz muda asal Indonesia. Ia adalah Joey Alexander.

Joey Alexander berhasil masuk dalam daftar Grammy Awards 2016. Pianis Jazz yang masih berusia 12 tahun ini sukses menjadi nomine dalam dua kategori di ajang penghargaan musik bergengsi di dunia.

Prestasi pianis cilik Joey Alexander di dunia musik jazz membuat kagum Barry Likumahuwa.

Dua kategori tersebut, yakni Best Jazz Instrumental Album untuk album Joey Alexander bertajuk My Favorite Things dan Best Improvised Jazz Solo buat single-nya berjudul Gian Steps. Di dua nominasi ini, Joey Alexander harus bersaing dengan musikus-musikus jazz kelas dunia.

Dalam kategori Best Jazz Instrumental Album, Joey Alexander bersaing dengan Terence Blanchard feat. The E-Collective (Breathlees), Robert Glasper & The Robert Glasper Trio (Covered: Recorded Live at Capitol Studios), Jimmy Greene (Beautiful Life), dan juga John Scofield (Pas Present).

Sedangkan di kategori Best Improvised Jazz Solo, Joey Alexander harus bersaing dengan Christian McBride (Cherokee), Donny McCaslin (Arbiters of Evolution), Joshua Redman (Friend or Foe), dan John Scofield (Past Present).

Joey Alexander bersama Herbie Hancock. (foto: instagram.com/joeyalexandermusic)

Joey Alexander sejauh ini bisa dikatakan menjadi musikus Indonesia pertama yang berhasil meraih nominasi penghargaan sekelas Grammy Awards. Kemampuannya sebagai seorang pianis jazz membuatnya sukses dilirik dunia musik internasional.

Album My Favorite Things yang masuk Grammy Awards ke-58 itu menjadi album pertama Joey Alexander yang baru dirilis pada 12 Mei lalu. Kepiawaiannya bermain piano sudah digelutinya sejak usia 6 tahun. Tak tanggung-tanggung, Joey pernah tampil di depan Bill Clinton dan juga Herbie Hancock.

Daftar lengkap nominasi Grammy Awards 2015. (sumber: grammy.com)

Pengumuman pemenang 83 kategori Grammy Awards 2016 akan dibacakan pada 15 Februari mendatang. Ajang ini akan disiarkan secara langsung dari Staples Center, Los Angeles. (Fir/Ade)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini