Sukses

Scott Weiland Meninggal, Penjualan Stone Temple Pilots Meroket

Pasca Scott Weiland meninggal lagu hits lawas Stone Temple Pilots, Plush kembali didengarkan banyak orang.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah beberapa saat setelah Scott Weiland meninggal. Ia ditemukan tak bernyawa di dalam bus turnya. Meski ada sejumlah dugaan liar yang menyebutkan kalau Weiland meninggal akibat narkoba, keterangan kematian resmi menyebutkan bahwa mantan vokalis Stone Temple Pilots dan Velvet Revolver tersebut meninggal akibat serangan jantung.

Scott Weiland (Rollingstone.com)

Dan bukan hal baru lagi saat seorang musisi bintang meninggal, orang akan kembali teringat akan musik-musik lawas mereka dan kembali mendengarkannya. Seperti yang terjadi pada Stone Temple Pilots dan Velvet Revolver pasca meninggalnya Weiland.

Stone Temple Pilots 2001 lalu saat Scott Weiland masih bergabung. (cbslocal.com)

Dilansir metalinjection.net, Rabu (16/12/2015), di tangga lagu Billboard, delapan dari 10 lagu hard rock digital terlaris merupakan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Scott Weiland (enam dari Stone Temple Pilots, dua dari Velvet Revolver).

Lagu terlaris, Plush (Stone Temple Pilots), naik 1.200% dan memuncaki chart dengan 18.000 unduhan pekan tersebut. Angka streamimg Plush juga meningkat tajam dengan jumlah streaming sebanyak 1,3 juta kali.

Tak hanya single, album juga mengalami hal serupa. Album debut Stone Temple Pilots, Core yang rilis 1992 silam juga kembali diminati dan masuk kembali ke dalam chart album Billboard 200, menempati posisi ke-145 karena berhasil terjual sebanyak 7.000 unit.

Stone Temple Pilots

Stone Temple Pilots, di masa kejayaannya pada era 1990-an bersama Scott Weiland, berhasil memenangkan American Music Award 1994 kategori Favorite Pop/Rock New Artist, Grammy Award 1994 kategori Best Hard Rock Performance untuk lagunya Plush, dan MTV Video Music Award 1993 kategori Best New Artist. (Gul/fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.