Sukses

Panduan Nonton Star Wars Episode I-VII untuk Non-penggemar

PERINGATAN: SPOILER ALERT! Awas bocoran cerita film-film Star Wars dari Episode I hingga yang terbaru, Star Wars: The Force Awakens.

Liputan6.com, Jakarta - PERINGATAN: SPOILER ALERT! Artikel ini mengandung bocoran cerita film-film Star Wars dari Episode I hingga yang terbaru, Star Wars: The Force Awakens.

A long time ago in a galaxy far, far away ... kisah kejahatan melawan kebaikan berlangsung di galaksi nun jauh di sana. George Lucas, pembuat Star Wars, memulai kisah dari Episode IV -- A New Hope (1977) ke Episode V -- Empire Strikes Back (1980) dan Episode VI -- Return of the Jedi. Ia baru membuat kisah awalnya belakangan.

Kini hadir film ke-tujuh Star Wars: The Force Awakens. Kali ini kursi sutradara diisi J.J. Abrams yang sukses me-reboot Star Trek (2009) bagi generasi penonton baru. Film ke-tujuh sudah mencatat rekor box office serta meraih respon positif kritikus film sedunia.

Star Wars: The Force Awakens. (technobuffalo.com)

Meski demikian, di media sosial muncul meme yang menunjukkan di luar sana banyak juga yang tak tahu cerita Star Wars dari episode I-VI. Misal ada meme yang berbunyi begini: "Saya termasuk golongan 1 persen, yang tak pernah nonton Star Wars." Nah, kepada golongan ini, izinkan kami ingin mengenalkan cerita Star Wars dari Episode I-VI. Setelah membacanya, Anda tak perlu menonton semua enam filmnya dahulu.

Silakan simak uraiannya. Mohon maaf atas segala spoiler atau bocoran cerita yang tersaji di tulisan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Star Wars Episode I

• Star Wars: Episode I -- The Phantom Manace (1999)

Pertikaian dagang mengawal segalanya. Ada masalah pajak dan juga blokade dagang. Terdengar seperti pelajaran sekolah? Awalnya, dua ksatria Jedi Qui-Gon Jin (Liam Neeson) dan muridnya, Obi-Wan Kenobi (Ewan McGregor) menyusup blokade yang dilakukan Trade Federation pada planet Naboo. Keduanya diburu pasukan Federasi dan bertemu Jar Jar Binks, yang menjadi punakawan mereka, serta Ratu Padme Amidala (Natalie Portman) dari planet Naboo.

Sementara itu, ada pula kisah soal Anakin Skywalker kecil (diperani Jake Lloyd) ditemukan Qui-Gon Jin. Ia dibawa dari Planet Tatooine nan gersang untuk dilatih jadi kesatria Jedi. Di sini, Anakin juga bertemu Amidala. Anakin terpesona pada ratu jelita itu.

3 dari 8 halaman

Star Wars Episode II

• Star Wars: Episode II -- Attack of the Clones (2002)

Anakin (Hayden Christensen) sudah jadi kesatria Jedi, dilatih murid Qui-Jon, Obi-Wan Kenobi (Ewan McGregor). Namun, sebagai Jedi, Anakin yang tak semestinya jatuh cinta malah menjalin kasih dengan Padme. Obi-Wan mendapati sebuah rencana jahat, tentara clone sedang disiapkan. Anakin tak bisa menyelamatkan ibunya. Ia membalas dendam. Sisi gelapnya mulai bangkit.

Di ujung cerita Anakin dan Padme menikah diam-diam cuma disaksikan robot R2-D2 dan C-3PO.

4 dari 8 halaman

Star Wars Episode III

• Star Wars: Episode III -- Revenge of the Sith (2005)

Padme hamil. Namun, Anakin kerap dihantui kalau Padme bakal meninggal saat melahirkan. Kanselir Palpatine (Ian McDiarmid) yang ternyata Darth Sidious, pemimpin kelompok Sith yang jahat, berhasil merayu Anakin jadi jahat. Anakin membunuhi Jedi lain. Ia bertarung melawan Obi-Wan Kenobi di gunung berapi. Anakin kalah. Tubuhnya hancur, namun ia tak tewas.

Padme akhirnya meninggal saat melahirkan. Bayi kembar yang baru dilahirkannya, Luke dan Leia dipelihara terpisah biar tak diburu Kekaisaran Galactic Empire, pengganti Republic, pimpinan Darth Sidious dan muridnya, Anakin yang sudah berwujud Darth Vader.

5 dari 8 halaman

Star Wars Episode IV

• Star Wars: Episode IV -- A New Hope (1977)

Leia (Carrie Fisher) yang sudah tumbuh dewasa memimpin pemberontakan. Ia diburu Darth Vader karena mencuri rancangan Death Star, senjata pemusnah planet. R2-D2 dan C-3PO yang dikirim ke Tatooine bertemu Obi-Wan Kenobi (Alec Guiness).

Ia mengajak Luke (Mark Hamill) yang sudah dewasa dan penyulundup pemilik pesawat Millennium Falcon, Han Solo (Harrison Ford) memerangi Republik. Dalam sebuah pertarungan, Darth Vader membunuh Obi-Wan.

6 dari 8 halaman

Star Wars Episode V

• Star Wars: Episode V -- The Empire Strikes Back (1980)

Kekaisaran Galactic Empire menyerang basis pemberontak di planet es. Atas pesan arwah Obi-Wan, Luke mendatangi Yoda, kesatria Jedi berumur 800 tahun di Planet rawa Dagobah buat dilatih jadi Jedi. Setelah merasa siap, ia bertarung dengan Darth Vader.

Saat bertarung, Vader membuat pengakuan mengejutkan, "Luke, aku ayahmu," kata Vader. Di lain pihak, Han Solo dibekukan.

7 dari 8 halaman

Star Wars Episode VI

• Star Wars: Episode VI -- Return of the Jedi (1983)

Luke menyelamatkan Leia dan Han Solo yang ditawan Jabba the Hutt. Lalu, peperangan terakhir pemberontak melawan Kekaisaran Galactic Empire dimulai. Luke menemui takdirnya bertarung dengan ayahnya, Darth Vader. Di menit terakhir, Vader kembali ke kebaikan.

Ia membunuh Darth Sidious. Kekaisaran Galactic Empire runtuh. Para makhluk imut berbulu, Ewok berdansa. Kita melihat arwah para Jedi: Yoda, Obi-Wan, dan Anakin tersenyum pada Luke.

8 dari 8 halaman

Star Wars Episode VII

• Star Wars: The Force Awakens (2015)

Tiga puluh tahun berlalu. First Order menjadi penerus kekaisaran Galactic yang lalim. Pihak baik diwakili kaum pemberontak Resistence. Luke Skywalker hilang. Ia lebih dianggap mitos daripada kenyataan. Kylo Ren (Adam Driver), pengagum Darth Vader memburunya. Potongan terakhir peta menuju keberadaannya tersembunyi berhasil diraih pilot pemberontak, Poe Domeron (Oscar Isaac) yang lalu menyembunyikannya ke droid BB 8.

Droid tersebut ditemukan Rey (Daisy Ridley), seorang gadis tangguh penjual besi bekas pesawat di planet gersang Jakku. Ia bertemu pula dengan Finn (John Boyega), bekas serdadu Stormtrooper yang memilih ke sisi baik.

Rey dan John menggunakan pesawat Millennium Falcon untuk menghindari kejaran pesawat musuh. Keduanya lalu bertemu pemilik asli Millennium Falcon, Han Solo. Mereka lalu bergabung dengan pimpinan pemberontak, Leia yang kini bergelar jenderal. Mereka lalu melaksanakan misi terakhir, menyelamatkan galaksi dari Starkiller Base alias penghancur planet yang besarnya tak terkira dibanding Death Star.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.